IBL

Formosa Dreamers Taiwan akhirnya bisa memetik kemenangan pertama di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018. Mereka menundukkan Saigon Heat Vietnam, 80-75, Sabtu (9/12/2017) malam di rumahnya sendiri, CIS Gym Vietnam. Mantan pemain Heat, Lenny Daniel yang kini berbaju Formosa, tampil luar biasa dengan mencetak 22 poin.

Tak hanya menjadi penyumbang poin terbanyak, Daniel juga mengumpulkan 19 rebound. Selain mantan pemain Heat yang tampil impresif, beberapa pemain Formosa juga mencetak digit ganda. Mereka adalah Yang Tian You (15 poin), Cheng Yu Han (13 poin), dan pemain asing Jaleel Cousins (13 poin, 19 rebound).

Heat sebenarnya masih memimpin pertandingan hingga tujuh menit akhir pertandingan. Mereka unggul tujuh poin (71-64). Namun perayaan kemenangan pertama langsung buyar saat Formosa mulai menghujani ring Heat dengan tembakan tiga angka. Cheng menembak di sudut lapangan dan membawa Formosa menyisakan satu poin untuk dikejar (70-71). Heat hanya mencetak empat poin saja di tujuh menit terakhir, itu yang membuat mereka akhirnya menyerah dari Formosa.

"Di pertandingan pertama kami, pemain tidak menunjukkan permainan yang sudah dilatih sebelumnya. Saya benar-benar tidak tahu kenapa ini terjadi. Padahal saya berharap pertandingan pertama kami bisa jadi menyenangkan, tapi malah berakhir buruk," kata kepala pelatih Saigon Heat, Kyle Julius. "Ini musim yang panjang dan ini hanya kekalahan pertama. Kami masih memiliki banyak laga lagi. Tapi saya tidak senang dengan hasil ini, karena kami banyak melewatkan lemparan bebas (8-14)."

Akeem Scott jadi tumpuan Heat dengan mencetak 29 poin, sedangkan Travele Jones menambahkan 22 poin dan 15 rebound. Lalu Moses Morgan dan David Arnold menggabungkan 15 poin dan 21 rebound. (*)

Foto: aseanbasketballleague.com

Komentar