IBL

Para petinggi EuroLeague dan NBA dikabarkan melakukan pertemuan di Paris, Prancis, sebagai rangkaian dari NBA Paris Game 2023. Tujuan dari pertemuan ini untuk membahas soal kolaborasi dua liga. Kerjasama tersebut sempat terhenti setelah tahun 2016. 

EuroLeague dan NBA terakhir berkolaborasi pada tahun 2016. Setelah itu, NBA hanya menggelar pertandingan musim reguler saja di benua Eropa. Tercatat ada empat pertandingan yang digelar di London dan Paris. Namun EuroLeague tampaknya tidak puas dengan hanya menggelar pertandingan saja. Mereka ingin ada kolaborasi yang lebih intens, antara kedua liga. 

Sekadar mengingatkan bahwa pada tanggal 3 Oktober 2016, diselenggarakan NBA Global Games, di Barclaycard Center, Spanyol. Saat itu yang berhadapan adalah tuan rumah Real Madrid melawan Oklahoma City Thunder. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Real Madrid dengan skor 142-137. Momen yang paling diingat adalah saat itu di tim Real Madrid sudah ada Luka Doncic. Bintang NBA masa kini tersebut saat itu masih berusia 17 tahun dan mampu menyumbangkan tiga poin. 

Pertandingan tersebut menjadi yang terakhir kalinya tim NBA ditantang olek tim Eropa. Juga menjadi sejarah bahwa tim Eropa mengalahkan salah satu kontestan liga. Karena sejak tahun 2016 hingga sekarang, NBA tidak lagi menggelar pertandingan semacam itu. 

"Saya termasuk orang yang ada dalam tim NBA Global Games di tahun 2016. Itu momen yang hebat, dan saya ingin momen seperti ini terulang lagi. Saya sudah berbicara dengan petinggi EuroLeague yang lain, dan kami akan bertemu dengan perwakilan NBA," kata Marshall Glickman, selaku CEO EuroLeague, dikutip dari BasketNews Talks.

Glickman ternyata punya hubungan erat dengan NBA. Sebelum menjabat sebagai CEO EuroLeague, dia pernah bertugas sebagai koordinator penyiaran NBA, dan memiliki pengalaman bekerja di media besar di Amerika Serikat. Dan, ternyata dia adalah putra salah satu pendiri klub Portland Trail Blazers. Jadi wajar kalau Glickman mencoba untuk mengembalikan kolaborasi yang pernah terjalin antara NBA dan EuroLeague. 

"Kita bisa bekerja sama dalam hal bisnis. Kita bisa bekerja sama dalam banyak hal kalau melakukan kolaborasi," ungkap Glickman.

"Saya pikir sekarang waktunya untuk membangun ulang hubungan kami dengan NBA dan juga FIBA."

Glickman melihat bahwa NBA sekarang sudah tidak asing dengan wajah-wajah pemain Eropa. Meski jumlahnya hanya 25 persen dari total pemain, namun mereka berasal dari negara-negara basket Eropa, seperti Lituania, Spanyol, Prancis, dan masih banyak lagi. 

Rencananya setelah pertemuan di Paris, para petinggi EuroLeague akan berkunjung ke Salt Lake City pada 17-19 Februari 2023. Selain bertemu dengan Komisioner NBA Adam Silver, Glickman dan rekan-rekan akan menyaksikan NBA All-Star 2023. (*)

Foto: ALSD International

Komentar