IBL

Mungkin Anda diajari bahwa sejak usia dini, seorang atlet untuk menjadi tinggi dan kuat harus makan daging dan sayur yang seimbang. Kemudian ditutup dengan meminum segelas susu. Tapi gaya hidup vegetarian atau yang lebih dikenal dengan sebutan vegan terus meningkat akhir-akhir ini. Polularitas veganisme ini meningkat karena berkat media sosial, dan beberapa film dokumenter tentang mereka yang anti-daging. Sejumlah atlet NBA juga melakukannya sampai sekarang. Mereka berhasil mengubah pola makan dan tidak berpengaruh pada performanya di lapangan. 

Mungkin mayoritas pemain NBA tidak setuju dengan pandangan mereka. Karena merasa menjadi vegetarian tidak akan memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Namun tiga pemain ini masih menjaga pola makan anti-daging mereka. Berikut pemain-pemain NBA yang menjadi vegetarian:

1. JaVale McGee

Pada tahun 2016, McGee ingin menurunkan berat badannya. Dia melihat bahwa vegetarian menjadi jalan menuju kesehatan yang lebih baik. Akhirnya terbukti pada tahun tersebut dia bisa menurunkan berat badan hingga 10 kilogram. Produktifitas di lapangan meningkat dan bisa membantu meraih dua gelar juara NBA dalam tiga musim di Golden State Warriors. 

Menurut pengakuannya, McGee membutuhkan usaha keras untuk mengubah pola makannya. Tapi setelah sukses, dia merasa energik dan lebih ringan. Sementara layanan hotel di Amerika Serikat sudah menyediakan makanan vegetarian. McGee juga tidak kesulitan untuk mendapatkan restoran vegeratian selama laga tandang. 

2. Kyrie Irving

Bintang Brooklyn Nets ini beralih menjadi vegetarian pada tahun 2017. Irving terpacu untuk mengubah pola makan setelah melihat film dokumenter berjudul "What The Health". Kyrie mengatakan kalau pola makan vegetarian membuat energinya meningkat, dan seluruh tubuhnya terasa lebih enak dari sebelumnya. Pemain dengan nomor punggung 11 tersebut juga mendapatkan sponsor dari Beyond Meat, sebuah perusahaan penyedia makanan vegetarian berbasis di California, yang didirikan oleh Shaquille O'Neal, Chris Paul, dan DeAndre Jordan. Akhirnya perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan yang besar setelah penggemar Kyrie Irving mengikuti pola makan pemain idolanya. 

3. Chris Paul

CP3 termasuk baru dalam menjalankan pola makan vegetarian. Dia memulainya pada tahun 2019, setelah ikut dalam produksi film dokumenter vegan berjudul "Game Changers". Sejak saat itu, CP3 berkomitmen untuk mengonsumsi protein nabati dan tidak menoleh ke belakang lagi. Program vegetarian yang dijalankan berhasil ketika dia mengalami cedera. Sehingga lebih disiplin dalam menjalankan pola makan tersebut. 

Paul sangat menganjurkan agar atlet memiliki pola makan bersih. Bahkan dirinya menyiapkan Beyond Burger setelah pertandingan untuk membantu pemulihan energi. CP3 sekarang berusia 37 tahun dan merasa lebih baik dari sebelumnya. Dia bermain lebih banyak pertandingan, dan tampak lebih sehat. Semuanya berkat pola makan vegetarian yang dijalankan. 

4. DeAndre Jordan

DeAndre Jordan tidak hanya penganut pola makan vegetarian. Dia juga memiliki perusahaan produsen makanan vegetarian, plus menjadi pembawa acara dalam acara memasak vegetarian bernama "Cooking Clean" yang ditayangkan di PlayersTV. Jordan dan koki tamu membawakan resep-resep makanan vegetarian yang bisa meningkatkan energi, khususnya bagi para atlet. "Sebagai seorang atlet profesional, saya selalu mencari cara untuk menyehatkan tubuh saya dan meningkatkan performa saya," jelasnya, dikutip dari livekindly.com.

Foto: Delish.com

Menurut situs dunkorthree.com, penjelasan sederhana tentang vegetarian adalah filosofi dan cara hidup yang menghindari produk-produk makanan yang berasal dari hewan. Biasanya seorang vegetarian akan memakan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan beberapa sumber karbohidrat dari tumbuhan. Menurut salah satu situs kesehatan ternama di Amerika Serikat, alasan orang untuk melakukan pola hidup vegetarian antara lain:

1. Bantu Lingkungan — Industri daging tidak hanya menggunakan banyak air dan tanah tetapi juga menghasilkan polusi air dan tanah. Penggunaan energi dalam industri daging jauh lebih tinggi daripada untuk menanam tanaman dan sayuran. Lingkungan adalah salah satu alasan bagus untuk menjadi vegan.

2. Menyelamatkan Hewan — Ini adalah alasan yang jelas tetapi sering diabaikan oleh orang yang memilih makan daging. Banyak paparan telah keluar mengenai kondisi kehidupan hewan di pabrik peternakan besar. Penderitaan dan pembunuhan hewan mengkhawatirkan, bahkan bagi pecinta daging.

2. Hidup Lebih Sehat —Makan daging terkait dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker, tiga masalah terbesar yang dihadapi negara kita. Jika Anda menjadi vegan dengan cara yang benar, Anda akan mengetahui pilihan makanan yang lebih sehat — tidak ada lagi hamburger cepat saji yang dapat menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam hidup Anda.

Namun di balik tren vegetarian di kalangan atlet, ternyata masih ada kontroversinya. Beberapa orang merasa vegetarian tidak menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan. Tapi Anda akan terkejut betapa kuatnya mereka ketika mereka mendapatkan nutrisi yang sama dari tanaman. Argumen terbesar yang dihadapi vegetarian adalah mitos bahwa Anda tidak bisa mendapatkan cukup protein untuk tubuh tanpa protein hewani dalam makanan Anda. Sehingga untuk menjadi vegetarian harus ada pendamping yang mengerti tentang pola makan tersebut, sehingga tidak akan kekurangan nutrisi. (*)

Foto: livekindly.com

Komentar