IBL

Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama menambah daftar calon pembeli tim Phoenix Suns. Uniknya, beberapa media memberitakan spekulasi bahwa Obama dipercaya sebagai orang yang bisa menggoyang kenyamanan Stephen Curry di Golden State Warriors. Meski sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari mantan presiden yang pernah bersekolah di SDN Menteng 01, Jakarta Pusat tersebut. 

Suns menjadi salah satu tim elit NBA dalam dua musim terakhir. Mereka mendominasi musim reguler, sampai lolos ke Final NBA 2021, lalu dikalahkan oleh Milwaukee Bucks. Kemudian di musim 2021-2022, mereka sampai ke semifinal Wilayah Barat. Namun setelah itu reputasi klub ini hancur oleh pemiliknya sendiri. Miliarder Robert Sarver tersandung kasus rasisme, yang membuatnya mendapatkan denda dan skorsing dari NBA. Tekanan dari dalam dan luar klub membuat Sarver terpaksa menjual klubnya. Bukan hanya itu saja, kasus yang menimpa Brittney Griner juga memaksa Sarver melepas tim Phoenix Mercury yang tampil di WNBA. 

Sampai berita ini diturunkan, belum ada pihak yang serius membeli Suns dan Mercury. Hanya saja, kabar soal tentang pembeli potensial simpang siur di media sosial. Sampai akhirnya Bill Simmons dari The Ringer mengabarkan kalau mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama berminat membeli kedua klub tersebut. 

Obama dikenal sebagai penggemar NBA sejak dulu. Dia juga punya kedekatan dengan bintang-bintang NBA seperti LeBron James dan Stephen Curry. Obama adalah presiden yang menghidupkan tradisi bahwa klub juara NBA mendapatkan kehormatan untuk datang ke Gedung Putih. 

Menariknya, justru banyak spekulasi bermunculan setelah kabar dari Bill Simmons tersebut. Dua media olahraga besar, Marca dan Sky Sports secara khusus mengulas tentang kemungkinan Obama membeli klub NBA. Salah satu topik yang menarik untuk dibahas adalah soal transfer pemain. Kehadiran Obama di NBA bisa memicu transfer yang mengejutkan. 

Foto: Hoop Central

Sebagaimana diketahui, kalau Obama sangat mengagumi permainan Stephen Curry bersama Golden State Warriors. Bahkan banyak terlihat di media sosial, dalam beberapa kesempatan dia terlihat akrab dengan Curry. Sampai saat Warriors meraih gelar juara di musim 2021-2022, Obama secara langsung menelepon Curry untuk memberi ucapan selamat. 

Warriors mengunci bintangnya tersebut dengan kontrak ekslusif sampai tahun 2026. Manajemen menganggap bahwa tidak ada artinya bila Warriors tanpa Curry. Mereka tetap mempertahankan pemainnya, meski harganya dianggap tidak masuk akal. Bayangkan saja, Curry sekarang punya gaji senilai 50 juta dolar AS atau setara dengan 778 miliar setahun. Jadi mustahil kalau dia meninggalkan Warriors. Karena tak mungkin ada tim yang berani berisiko terhadap keuangan mereka. 

Namun semua bisa berbeda cerita kalau Obama yang memintanya. Sangat mungkin bagi Obama untuk memindahkan Curry dari Warriors ke Suns. Atau, mengambil LeBron James dari Lakers ke Suns. Serta membuat skenario untuk mewujudkan mimpi LeBron James bermain satu tim dengan anaknya. Menurut para pengamat, hanya Obama yang bisa melakukannya. 

Namun kembali lagi, cerita ini hanya seputar rumor, spekulasi, dan prediksi saja. Pihak Obama belum memberikan tanggapan apa-apa terkait kabar yang disampaikan oleh Bill Simmons. (*) 

Foto: Interia Sports

Komentar