IBL

Los Angeles Lakers dikabarkan menambah masa jabatan Rob Pelinka hingga musim 2025-2026. Jadi dia akan menjabat sebagai VP of basketball operastions dan general manager Lakers untuk empat musim ke depan. Tujuannya agar manajemen dan staf pelatih ada di satu visi yang sama. 

Dilaporkan oleh Chris Haynes dan Yahoo!Sports, Lakers yang dipimpin Jeanie Buss, berusaha agar Pelinka dan Darvin Ham sebagai kepala pelatih punya masa kerja yang sama. Sehingga arah kebijakan, baik dalam hal pengembangan tim hingga strategi perekrutan pemain akan sama. Karena Ham baru tahun ini menjabat sebagai pelatih Lakers. Maka, Jeannie Buss, membuat status yang sama untuk Pelinka, yaitu perpanjangan kontrak tahun pertama. 

Pelinka awalnya hanya seorang agen pemain. Dan, salah satu pemain paling fenomenal yang dia pegang adalah mendiang Kobe Bryant. Karena kedekataannya dengan tim Lakers, maka dia bergabung dengan kantor tim Ungu-Emas sejak tahun 2017, atas rekomendasi Kobe. Sebagai manajer tim, Pelinka mampu membangun tim Lakers dengan baik. Hasilnya, mereka menjadi juara di tahun 2020. Setelah itu, Lakers menaikkan jabatannya menjadi wakil presiden operasi bola basket setelah juara. 

Kalau kontrak manajer dan pelatih disamakan durasinya, maka Pelinka dan Ham akan berada di tim Lakers sampai musim 2025-2026. Artinya, apa pun yang terjadi di tim Lakers empat tahun ke depan, tidak akan menggoyang posisi kedua orang tersebut. Sementara itu, LeBron James akan tetap berada di tim Lakers sampai musim 2024-2025. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar