ABL

Beberapa waktu lalu, mainbasket.com mengunggah berita tentang Satya Wacana Salatiga dan Siliwangi Bandung yang mengganti pemain asingnya karena tidak bisa datang. Alasannya tentu beragam. Tapi yang pasti, mereka gagal datang setelah terpilih dalam Draft IBL 2017.

Rinciannya, ada enam pemain yang diganti, tapi ada pula pemain yang belum bisa datang ke Indonesia untuk saat ini. Mereka baru hadir jelang bergulirnya musim reguler IBL 2017-2018.

PEMAIN ASING IBL 2017_Page1

Dari daftar di atas, kita bisa mengetahui beberapa pemain yang diganti karena tidak bisa datang ke Indonesia. Khusus untuk NSH Jakarta, masih satu pemain asing saja yang datang. Dominic Woodson tidak bisa hadir dan NSH belum dapat penggantinya.

"Pemain asing yang diganti itu ada beberapa alasan. Ada yang masih terikat kontrak dengan tim lain, ada yang punya masalah keluarga. Juga ada yang tidak ada kejelasan dari agen pemain. Kalau yang satu ini, agennya akan kami black-list, karena sebelumnya mereka menyodorkan nama pemain yang bisa bermain di Indonesia. Ternyata malah tidak bisa," ujar Gustave, Media Officer IBL 2017-2018.

Pemain asing IBL 2017-2018, Jumat siang (3/11/2017) diperkenalkan dalam jumpa pers. Ternyata ada pemain yang belum bisa hadir. Mereka adalah Roderick Flemmings (Garuda Bandung), Nashon George (Hangtuah Sumsel), Donnovan Hastings (Siliwangi Bandung) dan Kavon Lytch (Pacific Caesar Surabaya).

"Kalau pemain yang belum datang itu karena mereka masih terkendala tiket, ada yang masih punya acara keluarga. Tapi kami pastikan minggu ini mereka bisa datang ke Indonesia," lanjut Gustave.

Gagalnya pemain asing datang ke Indonesia, jelas mengganggu persiapan tim. Sebab tim-tim sudah memilih jauh-jauh hari sebelumnya. Tim-tim pun sudah menyiapkan strategi yang tepat untuk mereka. Ternyata keputusan pergantian pemain asing sangat mepet dengan dimulainya liga. Seperti NSH Jakarta yang hanya menggunakan satu pemain asing di Perbasi Cup 2017. Padahal turnamen ini bisa jadi uji coba sebelum liga.

"Pemain kami yang satu tidak bisa datang karena ada masalah keluarga. Kami sekarang masih cari penggantinya, jadi di Perbasi Cup hanya pakai satu dulu," kata manajer NSH, Yusuf Arlan Ruslim.

Berkaca dari musim lalu, pemain-pemain asing IBL 2017 yang dipilih dalam Draft bisa datang. Tidak ada perubahan jelang liga bergulir. Hanya saja, saat liga berlangsung, ada beberapa tim yang kurang cocok dengan pemain asingnya. Mereka mengganti di tengah musim, seperti Pelita Jaya EMP Jakarta, Bima Perkasa Yogyakarta, Siliwangi Bandung, Aspac Jakarta. Lalu ada pula yang melakukan pergantian di akhir musim, seperti Hangtuah Sumsel dan CLS Knights Surabaya.

Foto: media IBL

Komentar