IBL

Russell Westbrook dan tripel-dobel adalah dua hal yang sudah tak bisa dipisahkan. Keduanya sangat lekat bahkan rasanya kini Russ (sapaan Westbrook) sudah selayaknya dipanggil Mr. Triple-double.

Bagaimana tidak, rekor panjang total tripel-dobel terbanyak sepanjang karier Oscar Robertson ia pecahkan tahun lalu. Rekor ini berusia 47 tahun karena terakhir kali Robertson bermain di tahun 1974. Lebih menyeramkan lagi, Russ menorehkan rataan tripel-dobel di empat dari lima musim terakhir.

Hal ini pun lantas jadi pertanyaan yang dilontarkan pembawa acara kenamaan Holywood, Jimmy Kimmel, kala mengundang Russ di acara Jimmy Kimmel Live. Pertanyaan terbesarnya, apakah Russ memang sangat peduli tentang tripel-dobel saat ia sedang bermain?

"Terkadang, di tengah pertandingan, Anda seolah bisa merasakan bahwa Anda semakin dekat dengan tripel-dobel," buka Russ yang hadir dengan setelan jumpsuit warna oranye. "Apalagi saat Anda punya 9 atau 10 asis, poin, rebound, dan semacamnya. Lalu, stadion memperlihatkan statistik itu di layar, Anda juga melihatnya, jadi ya wajar saja. Namun, untuk saya, saya tak mengejar tripel-dobel 10, 10, 10. Saya lebih suka tampil gila dan mengejar 20,20,20," tutupnya.

Russ sendiri tak bercanda mengenai hal tersebut. Ia adalah pemain kedua dan satu-satunya sejak 1968 yang pernah menorehkan tripel-dobel dengan setidaknya 20 poin, 20 rebound, dan 20 asis. Ia melakukannya kala masih membela Oklahoma City Thunder pada 2019. Sebelumnya, hanya ada nama Wilt Chamberlain di buku sejarah ini.

Musim lalu, di satu-satunya musim yang ia mainkan untuk Washington Wizard, Russ mencetak 22,2 poin, 11,5 rebound, dan 11,7 asis per gim. Catatan asis tersebut adalah yang tertinggi di liga sekaligus tertinggi di karier Russ. 

Rasanya, performa seperti ini pula yang diharapkan para penggemar Lakers dibawa oleh Russ untuk tim mereka. Dengan deretan pemain seperti LeBron James, Anthony Davis, Carmelo Anthony, Malik Monk, Dwight Howard, hingga Wayne Ellington, tampaknya bukan tidak mungkin Russ menorehkan rerata asis yang lebih tinggi dari musim lalu dan kembali mengukir sejarah demi sejarah yang sulit dipecahkan oleh pemain lain. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar