IBL

Final NBA Wilayah Barat dimulai hari ini (waktu Indonesia). Golden State Warriors giliran menjamu tamunya, San Antonio Spurs di Oracle Arena. Warriors yang tertinggal di paruh pertama, akhirnya bisa membalikkan keadaan dan menang tipis, 113-111.

Bermain di kandang lawan tak membuat Spurs melemah. Justru mereka semakin kuat menekan pertahanan Warriors. Spurs bermain seperti biasa, memaksimalkan serangan langsung ke keranjang Warriors. Hasilnya, Spurs unggul 30-16 di kuarter pertama dan tetap memimpin 62-42 di akhir kuarter kedua. Stephen Curry dan kawan-kawan dibuat tak berdaya dengan pertahanan Spurs yang perkasa.

Tetapi keadaan berubah pasca istirahat. Baru lima menit laga berjalan, Spurs harus kehilangan Kawhi Leonard yang terpaksa meninggalkan lapangan karena cedera engkel. Kawhi tak sempurna ketika mendarat setelah melepaskan tembakan tiga angka. Kondisi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Warriors. Mereka mencetak 18 poin beruntun setelah Leonard keluar. Kuarter ketiga, Warriors mendekat 81-88.

Duet Curry dan Durant semakin leluasa melepaskan tembakan di kuarter keempat. Puncaknya, Warriors bisa membalik keadaan di empat menit laga tersisa. Kevin Durant membawa Warriors berbalik unggul 101-100.

Setelah itu, Warriors dengan nyaman memimpin pertandingan. Meski Patty Mills mendapatkan kesempatan untuk melepaskan tembakan gratis di akhir kuarter keempat. Namun tambahan satu poin itu tak membuat Spurs menang. Mereka tetap tertinggal dua poin (111-113).

"Kami membuat terlalu banyak kesalahan," kata kepala pelatih Spurs, Popovich setelah pertandingan. "Saya pikir rebound menyakitkan kami. Pertahan kami sedikit lembek. Tidak ada yang bisa mencetak angka, dan Warriors cukup berbakat seperti yang kita lihat bersama. Usaha keras, tangguh. Kesempatan besar dan kami membiarkan lepas begitu saja."

Stephen Curry dan Kevin Durant menghasilkan 74 poin di pertandingan ini. Curry mencetak 40 poin dan Durant menambahkan 34 poin. Sementara di kubu Spurs, LaMarcus Aldridge menorehkan 28 poin, disusul Kawhi Leonard (26 poin), Manu Ginobili (17 poin), Jonathon Simmons (12 poin).

Foto: nba.com

Komentar