IBL

Mencetak triple double atau tiga statistik dengan digit ganda dalam bermain basket bukanlah hal yang mudah. Butuh keterampilan yang merata dalam diri seorang pemain agar bisa mencatatkan statistik tersebut. Hal itulah yang ditunjukkan seorang Kevin Loiselle, pemain impor milik Pacific Caesar Surabaya asal Kanada.

Sabtu, 11 Februari 2017 mungkin akan menjadi hari yang tak terlupakan bagi pemain bertinggi badan 201 cm tersebut. Dalam pertandingan melawan Satya Wacana Salatiga itu, ia menorehkan catatan fantastis yaitu 28 poin, 16 rebounds, dan 11 asis. Kevin Loiselle adalah pemain asing pertama yang mencetak triple double di tahun 2017 ini. Istimewanya lagi, catatan triple double tersebut diraihnya hanya dalam tiga kuarter saja.

Bersama pemain asing lainnya yaitu David Seagers, Kevin menjadi sosok pemimpin yang menuntun pasukan muda Pacific Caesar Surabaya dalam meraih kemenangan. Alhasil dalam pertandingan tersebut, Pacific Caesar Surabaya dapat memenangkan pertandingan dengan skor 96-88. Selain catatan triple double yang dicetaknya, ia juga menyuguhkan aksi dunk memukau hasil dari alley-oop Indra Muhammad, sontak dunk tersebut memantik gemuruh penonton di GOR Sahabat Semarang.

Dalam wawancara akhir pertandingan, Kevin menyebutkan betapa pentingnya peran seorang David Seagers dalam membantunya membawa Pacific Caesar Surabaya memenangkan pertandingan. Memang tak bisa dipungkiri, torehan David Seagers juga apik dengan raihan 28 poin, 9 rebounds, dan 7 asis. Namun hal yang menjadi perhatian khusus dari dua pemain asing ini bukanlah catatan individu yang memukau, melainkan kemenangan tim yang didapat bersama.

*Kevin Loiselle adalah Mainbasket Foreign Player of the Series (Seri 3 Semarang) IBL 2017. Pilihan ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan mengingat betapa konsistennya performa forward-center Pacific Caesar Surabaya ini. Selama di Semarang, Kevin Loiselle rata-rata mencetak 29 PPG, 16 RPG, 8 APG, 4 BPG dan 1 SPG. Akurasi Kevin mencapai 49%. Pacific menang sekali dari dua laga di Seri 3. Bila ada nilai minus, itu adalah masih tingginya rata-rata turn over Kevin. Ia rata-rata melakukan 4 turn over per pertandingan. "Plus"-nya, angka rata-rata turn over ini tidak jauh berbeda dengan dua kandidat lain di bawahnya, Jarron Crump (Satya Wacana Salatiga) dan Kore White (Pelita Jaya EMP Jakarta).

Komentar