IBL

NBA 2023-2024 akan dimulai pada 24 Oktober 2023 waktu Amerika Serikat. Namun tiket untuk penonton sudah dijual sejak NBA mengumumkan jadwal pertandingan. Salah satunya melalui StubHub, situs penjualan tiket melalui daring. Menurut mereka, Los Angeles Lakers menjadi pertandingan yang paling laris. 

StubHub mencatat penjualan tiket untuk NBA 2023-2024 mengalami peningkatan hampir 60 persen di banding tahun lalu. StubHub melalui juru bicara Adam Budelli kepada CNBC menjelaskan bahwa peningkatan penjualan tiket ini salah satunya disebabkan karena naiknya permintaan dari luar Amerika Serikat. Penonton yang membeli tiket kini datang dari 92 negara, dari total 24 negara di musim lalu. Mereka berbondong-bondong untuk menyaksikan pertandingan secara langsung. 

Penjualan internasional naik 120 persen dibandung musim lalu. Negara-negara dari luar Amerika Serikat yang membeli tiket pertandingan NBA yang paling banyak dari Australia, Inggris, dan Brasil. "Sulit untuk menemukan satu faktor spesifik. Tetapi menurut saya, perjalanan lintas negara yang lebih mudah menjadi sebab naiknya jumlah pembelian tiket," kata Budelli. 

StubHub mencatat ada 10 tim dengan penjualan tiket tertinggi untuk sementara. Los Angeles Lakers di urutan pertama, disusul New York Knicks, Boston Celtics, Toronto Raptors, dan Golden State Warriors di lima besar. Kemudian ada Milwaukee Bucks, Miami Heat, Phoenix Suns, LA Clippers, dan Chicago Bulls, yang berada di urutan keenam hingga kesepuluh. 

Budelli mengatakan Lakers, yang menampilkan superstar LeBron James dan Anthony Davis, telah empat kali menjadi tim teratas dalam proyeksi penjualan tiket menurut StubHub sejak 2017. Namun, ada satu pemain yang absen dalam daftar tersebut adalah juara NBA musim lalu Denver Nuggets, yang menurut Budelli, perusahaan sedang memantau dan memperkirakan popularitasnya akan meningkat seiring berjalannya musim.

StubHub juga mencatat bahwa penjualan tiket meningkat lebih dari dua kali lipat setelah Damian Lillard dijual ke Milwaukee Bucks. Budelli mengatakan perpindahan Lillard kemungkinan merupakan "penggerak terbesar" pasar NBA musim ini. Bucks terdorong naik enam tingkat dalam daftar StubHub dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, ada 10 tiket paling laris yang terjual di NBA 2023-2024, setidaknya sampai bulan Oktober 2023. Salah satunya adalah pertandingan antara Denver Nuggets melawan Lakers di Los Angeles pada 8 Februari 2024. Kemudian ada Buck melawan Knicks di New York dan Celtics melawan Lakers di Los Angeles pada Malam Natal, 25 Desember 2023. 

Budelli mengatakan Knicks menjadi tuan rumah untuk lima dari 10 pertandingan terpopuler yang diproyeksikan. Lebih banyak dari tim mana pun, karena mereka hanya tertinggal sedikit dari Lakers sebagai tim teratas. Knicks telah melampaui penjualan mereka dari musim lalu sebesar 80 persen, menurut StubHub. (*)

Foto: Sports Illustrated

Komentar