IBL

BSH Hangtuah akhirnya mengakhiri empat kekalahan beruntun mereka setelah bertemu Bank BJB Garuda Bandung di Indonesian Basketball League (IBL) Seri III Solo. Mereka baru saja menekuk lawan dengan skor 83-62 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 23 Desember 2017. Hasil itu sekaligus menjadi kemenangan pertama Hangtuah musim ini.

Dalam laga tersebut, pemain asing Keenan Palmore tampil gemilang dengan 39 poin, 8 rebound, 7 steal, dan 5 asis. Penampilannya yang kalem membantu Hangtuah melancarkan serangan-serangan cepat yang cukup efektif.

Palmore pun tidak sendirian, ia dibantu pemain asing lainnya, Nahshon George yang mencetak 20 poin. Pemain yang berposisi center itu cukup baik di bawah ring. Beberapa kali ia terlibat bentrokan dengan pemain sekelas Galank Gunawan dan Roderick Flemings di area itu dalam merebut rebound.

Di kubu Garuda, Flemings sendiri mengumpulkan 18 poin dan 7 rebound. Dua pemain lainnya, Diftha Pratama dan Surliyadin masing-masing menyumbang 11 poin. Perolehan itu tentu tidak bisa membantu tim asal Bandung tersebut memenangkan pertandingan. Bahkan menurut Kepala Pelatih Andre Yuwadi, pertandingan itu merupakan yang terburuk di musim ini. “Mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” katanya.

Di awal laga, Hangtuah telah meninggalkan lawan cukup jauh. Mereka memanfaatkan kesalahan lawan dengan serangan-serangan cepat yang berujung poin. Apalagi saat itu Garuda tengah melakukan tujuh kali turnover. Hangtuah pun memimpin 21-11.

Berikutnya, Hanguah berusaha menjaga ritme permainan mereka sementara Garuda justru kewalahan. Tim asuhan Andre Yuwadi ini terlihat terburu-buru dalam melakukan operan. Sehingga mereka pun melakukan kesalahan yang sama seperti di kuarter satu. Hangtuah terus memimpin 44-27.

Setelah turun minum di paruh waktu pertama, Hangtuah kembali ke lapangan dengan semangat yang sama. Mereka hendak memenangkan pertandingan untuk pertama kali. Oleh karena itu, para pemainnya bermain lebih cermat. Lagi-lagi di kuarter ini mereka berhasil memanfaatkan kecerobohan Garuda dalam mengalirkan bola yang berujung serangan balik dari tim asuhan Kepala Pelatih Andika Saputro itu. Hangtuah memimpin 66-40.

Di kuarter empat, Garuda lebih banyak mencetak poin dari lawan. Mereka berhasil memanfaatkan turnover lawan dan mengubahnya menjadi angka. Sayangnya, mereka masih bermasalah di turnover sehingga Hangtuah cukup leluasa mengambil penguasaan bola. Hangtuah pun memenangkan pertandingan 83-62.

Dengan satu kemenangan itu, Hangtuah jadi memiliki motivasi sendiri. Andika mengaku senang dengan permainan timnya hari ini. Ia pun berharap bisa melakukan hal yang sama ketika besok melawan Bima Perkasa. Sementara itu, Garuda bakal menghadapi NSH Jakarta kembali di hari yang sama.  

Foto: Hari Purwanto

Komentar