Mewakili Indonesia di gelaran olahraga sebesar Asian Games menjadi mimpi dari cukup banyak atlet Indonesia. Christie Apriyani Rumambi beruntung mendapatkannya di gelaran tahun ini. Berstatus sebagai pemain tim Merah Putih Samator di Srikandi Cup 2018 lalu, Christie justru terpilih masuk ke timnas basket 3X3. Kepastian tersebut didapat saat timnas 3X3 mengumumkan daftar pemain final mereka. Sebeluumnya, timnas telah melakukan seleksi kepada belasan pemain hingga akhirnya memunculkan empat nama. Selain Christie, ada pula Dewa Made Ayu Sriartha Kusuma Dewi, Putu Eka Liana Febiananda, dan Delaya Maria.

“Senang dan bangga pastinya bisa menembus skuat untuk gelaran sebesar Asian Games. Apalagi ini menjadi ajang perdana basket 3X3 dilombakan dan kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah,” ujar Christie kepada Mainbasket. “Sampai pencoretan terakhir, persaingan di antara pemain masih sangat ketat. Semuanya punya peluang untuk menembus skuat akhir. Apalagi, kami sudah sekitar empat bulan mengikuti pelatihan nasional (pelatnas), Puji Tuhan saya lolos,” imbuhnya.

Dalam waktu nyaris empat bulan tersebut, timnas juga melakukan serangkaian uji coba dan latihan di luar negeri. Cina, Belada, hingga Serbia menjadi salah tiga negara yang pernah mereka singgahi. “Semua negara yang saya singgahi cukup berkesan. Banyak pelajaran yang kami petik dari rangkaian uji coba dan latihan tersebut. Kami jadi tahu bagaimana kekuatan lawan-lawan yang tak hanya di level Asia saja, tapi hingga seluruh dunia,” terang perempuan yang akrab disapa Itie ini tentang pengalamannya pelatnas di luar negeri.

Dengan kepastian membela timnas di Asian Games, kini Itie juga dihadapkan pada target medali perunggu yang ditetapkan oleh badan tim nasional. Meski target yang dipatok  bisa dibilang cukup tinggi, Itie sama sekali tak merasa terbebani dan justru tertantang untuk memenuhinya.”Target dibuat agar kita memiliki tanggung jawab atas apa yang sudah diberikan. Ini tantangan bagi saya pribadi. Akan menjadi sejarah yang menyenangkan kalau kita berhasil meraih target tersebut saat menjadi tuan rumah.”

Terakhir, Itie tak lupa meminta dukungan dan doa dari seluruh rakyat Indonesia. Baginya, dua hal tersebut dapat menjadi pelecut semangat dan penambah keberuntungan untuk timnas. “Kami harap dukungan dan doa tidak hanya untuk timnas basket 3X3, tapi untuk semua atlet yang mewakili Indonesia di ajang ini. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk meraih hasil  semaksimal mungkin.”

Foto: Alexander Anggriawan

 

 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets