Sebelum NBA mengumumkan kelanjutan musim mereka pada 31 Juli, ada satu liga basket lainnya yang juga siap melanjutkan musim mereka. Adalah Chinese Basketball Association (CBA) atau liga basket tertinggi Cina yang siap melakukan langkah serupa. Melalui akun Weibo resmi liga, CBA mengumumkan akan malanjutkan musim 2019-2020 pada 20 Juni 2020.

Pernyataan resmi liga juga menyebutkan bahwa CBA telah mendapatkan persetujuan dari kementrian olahraga dan juga kesehatan Cina. Dua institusi tersebut juga akan membantu CBA dalam menyiapkan protokol kembalinya liga secara keseluruhan. Di sisi lain, CBA jadi liga olahraga profesional pertama di Cina yang kembali melanjutkan musim.

CBA yang memiliki total peserta 20 tim akan melakukan perubahan format. Nantinya, 20 tim tersebut akan dibagi menjadi dua grup. CBA masih memiliki 16 gim musim reguler sisa dan semuanya akan digelar di dua kota, Qingdao serta Dongguan. Dalam prosesnya, CBA menegaskan bahwa seluruh tim dan anggotanya harus mematuhi semua aturan-aturan pencegahan epidemi nasional dan lokal.

CBA belum memberikan detail tambahan mengenai bagaimana nantinya gim akan digelar. Namun, media-media Cina meyakini bahwa gim akan digelar tanpa penonton, menyesuaikan dengan liga-liga olahraga profesional lain yang sudah melanjutkan musim.

Pemain asing pun tampaknya tidak akan sepenuhnya ada di kelanjutan musim ini. Pasalnya, hingga kini, Cina masih menutup pintu mereka untuk penerbangan internasional. Namun, karena beberapa pemain asing sudah hadir di Cina sejak Maret (saat rencana kelanjutan musim di bulan April), kemungkinan penerapan aturan khusus tentang tim yag memiliki pemain asing pun terbuka.

CBA telah berhenti sejak 1 Februari lalu, saat Cina menjadi negara pertama yang merasakan gempuran virus korona. Setelahnya, CBA sempat menargetkan 15 April sebagai tanggal kembalinya mereka, seiring semakin menurunnya kasus korona. Sayangnya, hal itu batal terjadi karena pemerintah menyarankan untuk CBA menahan diri. (DRMK)

Foto: CBA

Populer

Tidak Masuk Timnas, Kyrie: Saya Bukan Sosok yang Tepat untuk Tim
LeBron Ingin Menyudahi Drama Lakers vs Nuggets di Playoff
Tanpa Butler, Duet Herro-Jaime Porak-porandakan Bulls
Pembalasan Menyakitkan Prawira untuk Bali United
Mavs Siap Tampung Klay Thompson
Michael Malone Berharap LeBron James Tidak Meledak di Playoff
Cedera Jimmy Butler Hancurkan Harapan Penggemar Heat
Converse Perpanjang Kontrak Shai, Siapkan Sepatu Khas di 2025!
Stephen Curry Berupaya Membawa Caitlin Clark ke Under Armour
Sapu Bersih Kings Sepanjang Musim, Pelicans Isi Slot Terakhir Playoff