Sudah lihat performa pemain asing di IBL 2020? Kira-kira apa ada tim yang bakal ganti pemain asing?

Tentu sudah ada kontestan IBL 2020 yang akan mengganti pemain asingnya, dan sudah boleh ada pergantian. Pihak penyelenggara liga juga sudah mulai membuka jendela pergantian.

Sebelum menebak siapa saja pemain asing yang diganti, ada baiknya tahu dulu tentang aturan pergantian pemain asing di IBL 2020 ini.

Dalam peraturan IBL 2020 disebutkan bahwa komposisi pemain internasional (asing) di IBL terdiri dari 3 pemain internasional, atau 2 pemain internasional dan 1 pemain naturalisasi. Jadi pemain naturalisasi dianggap pemain asing.

Untuk pasal pergantian pemain internasional, berbunyi "Pergantian Internasional maksimal 2 (dua) kali per klub untuk 2 (dua) pemain." Dari bunyi peraturan tersebut, maka hanya dua pemain asing yang boleh diganti untuk IBL 2020.

"Untuk waktu pergantian pemain asing, bisa dilakukan setiap seri. Namun ketentuannya sesuai di peraturan liga, yaitu maksimal dua pergantian untuk dua pemain pemain asing per klub. Untuk batas akhirnya, pergantian bisa dilakukan sebelum playoff," ucap Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL.

Peraturan tersebut untuk pergantian normal. Atau dengan kata lain, tidak ada kasus-kasus tertentu yang sudah diatur oleh IBL. Sebab, IBL juga punya peraturan pergantian pemain asing khusus. Dalam hal ini, pemain asing tersebut bisa digantikan apabila terlibat tindak kriminal, penyalahgunaan narkoba, kondisi fisik dan mental termasuk cedera yang dibuktikan oleh keterangan dokter, dan menyalahi aturan tinggi badan yang ditetapkan IBL.

Setelah mengetahui tentang aturan pergantingan di IBL, kita kembali melihat performa para pemain asing. Di seri pertama, beberapa nama terlihat bersinar bersama klubnya. Sebut saja LaQuavius Cotton milik Hangtuah, Dior Lowhorn yang kini membela Pelita Jaya, dan Michael Kolawole yang berhasil membawa Louvre memenangkan dua pertandingan.

Berikut statistik pemain asing di Seri 1 Semarang:

Karena jendela pergantian pemain sudah dibuka, maka bisa saja ada pemain asing yang akan diganti jelang seri kedua. Para kontestan IBL kini bergeser ke Bandung. Karena Seri 2 Bandung akan berlangsung mulai 17 hingga 19 Januari 2020 di C-Tra Arena. Sebelum seri kedua, bisa saja ada tim yang mengganti pemain asingnya. (tor)

Foto: Mei Linda

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Ada Wemby, Spurs Akan Kembali ke Paris Setelah 19 Tahun
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Para Pelatih DBL Academy Matangkan Materi
NSH dan Aspac Bertukar Pemain
Roster Lengkap IBL 2018-2019
Bocoran adidas James Harden Vol. 2