Tak dipungkiri kalau Kobe Bryant dan LeBron James adalah dua dari beberapa pemain terbaik yang pernah tampil di NBA. Mendiang Kobe Bryant menjadi juara NBA lima kali, sedangkan LeBron James mendapatkan gelar juara NBA tiga kali. Mereka berdua juga menjadi pencetak poin terbanyak, dan pengatur serangan terbaik dalam sejarah NBA. Tetapi rasanya ada yang kurang dari catatan dua pemain tersebut. Ternyata mereka tidak pernah bertemu di Final NBA. Faktanya, saat mereka punya peluang bertemu di Final NBA 2008-09, ternyata digagalkan oleh seorang Dwight Howard.

Kobe dan LeBron pernah menghiasi pesona menawan Final NBA 12 musim berturut-turut. Tetapi tidak satu pun dari final tersebut menampilkan persaingan kedua pemain ini.

LeBron memimpin Cleveland Cavaliers di Final NBA 2006-07, namun akhirnya kalah dari San Antonio Spurs. Musim berikutnya giliran Kobe membawa LA Lakers ke final 2007-08, lalu menyerah dari Boston Celtics. Kobe membalas kekalahan tersebut dua musim beruntun. Lakers masuk final sekaligus menjadi juara NBA di musim 2008-09 dan 2009-10.

Kemudian mulai musim 2010-11 giliran LeBron yang melenggang ke final NBA, bersama dua tim berbeda, yaitu Miami Heat dan Cleveland Cavaliers. LeBron menang dua gelar juara NBA, yaitu musim 2011-12 dan 2012-13 bersama Miami. Lalu menjadi juara 2015-16 bersama Cavaliers. Setelah itu, Kobe Bryant menyatakan diri pensiun dari NBA.

Jadi selama 12 musim final NBA yang memungkinkan mereka berdua bertemu, ternyata tidak pernah terjadi. Tetapi ada peluang besar pertemuan kedua legenda ini berjumpa, yaitu di musim 2008-09. Akan tetapi, kesempatan itu digagalkan oleh Dwight Howard.

Pada NBA 2008-09, LeBron James tampil sangat baik bersama Cavaliers. Mereka mencetak rekor 66-16 di musim reguler Wilayah Timur. Tentu saja prestasi tersebut membuat Cavaliers menjadi unggulan pertama untuk masuk ke final NBA. Sementara di sebelah, atau Wilayah Barat, Kobe berhasil membawa Lakers mencetak rekor pertandingan 65-17. Rekor-rekor inilah yang membuat pengamat semakin yakin bahwa mereka bisa menyaksikan pertemuan Kobe dan LeBron di final NBA untuk pertama kalinya.

Namun yang terjadi adalah Cavaliers terpeleset di final Wilayah Timur atau semifinal NBA. Tim yang berhasil menggagalkan langkah Cavaliers ke final NBA 2008-09 adalah Orlando Magic, yang kala itu dipimpin oleh Dwight Howard. Cavaliers kalah 2-4 dari Magic.

LeBron benar-benar tampil bagus di semifinal tersebut. Dalam enam gim, LeBron mencetak rata-rata 38,5 poin, 8,3 rebound, dan 8,0 asis per gim. Namun pencapaian tersebut gagal membawa timnya ke final NBA.

Sementara, Dwight Howard terlihat perkasa dengan berhasil membawa Orlando Magic ke final. Howard rata-rata mencetak 25,8 poin dan 13,0 rebound saat bertemu Cavaliers di final Wilayah Timur. Howard perkasa dengan mencetak 40 poin dan 14 rebound di gim keenam, yang membuat LeBron James tak jadi bertemu Kobe Bryant.

Drama pertemuan Kobe Bryant dan LeBron James yang ditunggu-tunggu penggemar NBA tidak terjadi. Sebagai gantinya, Dwight Howard yang menjadi lawan Kobe Bryant di final NBA. Dan akhirnya dimenangkan Kobe dan Lakers-nya. (tor)

Foto: NBA

Populer

Pemilihan GOAT Versi Pemain NBA, LeBron James dan Michael Jordan Hampir Imbang
Hantam Prawira, Pelita Jaya Lolos ke Babak Utama BCL Asia!
Tidak Pernah Menjadi DPOY, Anthony Davis: Liga Ini Tidak Menyukai Saya
Zach Edey Akan Mengikuti NBA Draft 2024
Lakukan Penyesuaian di Bigman, Mavs Curi Kemenangan dari Clippers
Karma untuk Gordon Hayward
Cerita Cinta Dennis Rodman, Dari Madonna Hingga Carmen Electra
Jika Yugoslavia Masih Ada, Timnas AS Dalam Bahaya
23 Tripoin! Heat Samakan Kedudukan Atas Celtics
Chet Holmgren Kagumi KD, LeBron, dan Kobe dari Sudut Pandang Sepatu