Drama Kawhi Leonard dan Spurs Kembali Panas di Playoff

| Penulis : 

San Antonio Spurs mesti menghadapi Golden State Warriors di playoff, tapi bintang andalan mereka, Kawhi Leonard, belum juga bisa tampil. Setelah hanya bermain di sembilan laga di musim reguler, ia kini dikabarkan tidak bisa tampil di sisa pertandingan.

Spurs sebelumnya mengabarkan, Leonard tidak akan tampil di pertandingan pembuka Sabtu lalu. Namun, hari ini, Minggu, 15 April 2018 waktu setempat, mereka justru menegaskan kemungkinan bintang andalannya itu tidak akan tampil sampai akhir musim.

Berita itu muncul menyusul keputusan tim dokter pribadi Leonard yang tidak mengizinkan pasiennya bermain. Kabar miring yang sebelumnya sempat menyeruak pun muncul lagi. Misteri tentang Leonard yang akan hengkang kini terdengar lagi. Dwyane Wade, garda senior Miami Heat, bahkan yakin Leonard akan berlabuh ke Boston Celtics musim depan ketika kontraknya habis. Namun, pihak Spurs belum mau mengabarkan apapun kecuali tentang perkembangan cederanya.

Leonard memang mengalami cedera kuadrisep sejak awal musim 2017-2018. Ia sempat bermain pada Desember 2017 lalu, tapi harus menepi kembali pada Januari 2018 karena cederanya belum pulih 100 persen. Leonard lalu memisahkan diri dari tim untuk melakukan rehabilitasi di New York bersama tim dokternya atas persetujuan tim dokter Spurs.

“Kawhi menjalani rehabilitasi dengan timnya sendiri,” ujar Pau Gasol, rekan setimnya, seperti dikutip The Undefeated. “Dia tidak bersama kami. Saya yakin dia sedang berusaha untuk sehat. Saya yakin dia sedang berusaha untuk kembali. Namun, hanya itu yang saya tahu. Sungguh, sebagai rekannya, sebagai pemain, hanya itu yang saya tahu.”

Tidak juga kembali, para pemain kemudian mengadakan sebuah pertemuan para Maret 2018 lalu untuk membahas absennya Leonard. Mereka mempertanyakan sejauh mana bintang andalan mereka berkomitmen kepada tim ini selama cedera.

Kepala Pelatih Gregg Popovich belum mau berbicara banyak tentang misteri Leonard ini. Namun, para pemain mengaku berharap rekan setimnya itu bisa kembali secepatnya. Mereka membutuhkannya untuk mengarungi sisa musim, termasuk playoff. Apalagi setelah kekalahan mereka 113-92 dari Warriors di pertandingan pertama playoff musim ini.

“Jika kami tidak sehat, jika kami tidak baik-baik saja, kami tidak punya banyak kesempatan,” ucap Gasol lagi. “Dan itulah masalahnya. Sayang sekali, Kawhi sebagai pemain terbaik kami, tidak dalam kondisi siap, dan saya yakin ini sulit untuknya.”

Hanya tampil di sembilan pertandingan dengan Leonard, Spurs menjalani musim tersulitnya selama 20 musim terakhir. Tim asal San Antonio itu bahkan sempat digadang-gadang akan gagal ke playoff, tapi akhirnya mereka berhasil juga. Mereka berhasil melaju ke babak berikutnya, menempati peringkat tujuh  dengan rekor 47-35.

Namun, lolos ke playoff tidak membuat mereka tenang. Di playoff, mereka bertemu dengan tim-tim terbaik yang telah bertarung di musim reguler. Kebetulan, Spurs mesti bertemu dengan Warriors yang notabene juara bertahan NBA. Oleh karena, itu sedikit-banyak misteri Leonard ini mempengaruhi tim. Manu Ginobili, misalnya, mengaku timnya terluka karena kekalahan Sabtu lalu dan absennya sang bintang membuat mereka terpuruk. Namun, bagaimanapun, mereka akan dan harus melakoni sisa laga dengan atau tanpa Leonard.

Foto: Getty Images

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley