Pemerintah kota Seattle memberikan penghargaan untuk legenda SuperSonics Lenny Wilkens. Mereka mengabadikan namanya menjadi nama jalan di sisi selatan Climate Pladge Arena, Kamis siang, waktu Amerika Serikat. Wilkens merupakan anggota 50th dan 75th Anniversary Team NBA. 

Wilkens bermain untuk Seattle SuperSonics pada tahun 1968 hingga 1972. Setelah pensiun, dia juga menjadi pelatih SuperSonics di tahun 1977 hingga 1985. Sebagai pelatih, Welkins membawa SuperSonics juara NBA di tahun 1979. Penghargaan sebagai pelatih juga tak kalah mentereng. Dia empat kali terpilih sebagai All-Star (1979, 1980, 1989, dan 1994). Kemudian menjadi Coach of the Year tahun 1994. Namanya masuk dalam daftar 10 pelatih terbaik dalam sejarah NBA. 

Sebelumnya, SuperSonics sudah mengistirahatkan nomor punggung 19 untuk menghormati Wilkens. Kemudian NBA sendiri memberikan penghargaan dengan memasukkan namanya sebagai pemain terbaik dalam sejarah di ulang tahun ke-50 tahun 1996, dan ke-75 di tahun 2021. 

Dulu Climate Pledge Arena dikenal sebagai Seattle Center Coliseum. Jalan di sekitar arena tersebut bernama Thomas Street. Pada Kamis malam, pemerintah kota Seattle mengganti nama jalan yang membentang dari barat ke timur, di sisi selatan Climate Pledge Arena dengan nama Lenny Wilkens Way.

"Lenny Wilkens bukan hanya salah satu pemain terhebat di NBA yang pernah ada. Dia juga pelatih hebat. Kami di Seattle menganggapnya sebagai hall of famer kota," ungkap Walikota Jenny Durkan, dikutip dari MSN

Kontribusi Wilkens ternyata tidak sebatas hanya sebagai pemain dan pelatih NBA saja. Melalui yayasan yang didirikannya, Wilkens telah membantu jutaan dolar untuk Klinik Anak Odessa Brown di pusat kota. Klinik tersebut menyediakan layanan medis, gigi, dan kesehatan mental anak-anak. 

"Setelah menghabiskan waktu di beberapa kota, dan bertemu orang banyak, maka saya memutuskan untuk tinggal di kota ini. Seattle itu unik, mereka punya penggemar yang fanatik. Masyarakatnya mau menerima perbedaan. Itu yang membuat saya nyaman tinggal di sini," kata Wilkens. 

Nama Wilkens memang tidak terkenal di kalangan sekarang. Namun jasanya untuk timnas Amerika Serikat tidak boleh dipandang sebelah mata. Wilkens merupakan asisten pelatih timnas Amerika Serikat tahun 1992 atau yang dikenal sebagai "The Dream Team". Dia juga menjadi pelatih timnas Amerika Serikat yang meraih medali emas di Olimpiade Atlanta tahun 1996. 

Pada tahun 2007 dia diangkat sebagai Presiden Operasi Bola Basket Seattle SuperSonics. Namun itu hanya berlangsung tiga bulan saja. Kemudian pada tahun 2008, klub Seattle SuperSonics berubah nama menjadi Oklahoma City Thunder. (tor)

Foto: Seattle Times

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama