Manajemen Indonesian Basketball League (IBL) semakin serius dalam melakukan ekspansi tim dan utamanya untuk tim-tim yang di luar Pulau Jawa. Terbaru, IBL telah melakukan verifikasi akhir pada empat klub calon pendatang baru IBL untuk kompetisi IBL musim depan.

"Semula ada tujuh klub yang berminat dan setelah melalui proses tahapan awal administrasi maka telah tersaring menjadi empat kandidat yang memenuhi seluruh persyaratan dan dilanjutkan ke tahap verifikasi hingga akhir Agustus ini," kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah dalam rilis resmi IBL.

Empat tim yang masuk ke proses penilaian dan verifikasi adalah Bali United, Mountain Gold Basketball Timika, Teruna Jayapura serta West Bandits Solo.

Baca Juga: IBL Prioritaskan Tim Luar Jawa Untuk Eskpansi Liga

IBL secara simultan yang tengah bersiap sebaik mungkin mempersiapkan kelanjutan penyelenggaraan babak playoff IBL Pertamax 2020, telah menyelenggarakan kegiatan workshop bersama para kandidat dan presentasi mengenai visi, program serta kesiapan masing-masing melalui cara virtual .

"IBL perlu mengetahui visi, misi dan program rencana keikutsertaan masing-masing klub di IBL. Kemudian juga memastikan kesiapan baik dari sisi manajemen, finansial dan administrasi lainnya," tutur Ketua Tim Verifikasi IBL Rufiana.

Mountain Gold mengawali sesi presentasi secara daring pada Selasa, 11 Agustus 2020, dilanjutkan berikutnya oleh West Bandits. Sehari setelahnya, giliran Teruna Jayapura dan Bali United memaparkan presentasi mereka.

Tak hanya ingin menggali informasi dan verifikasi, IBL juga membantu persiapan calon peserta IBL dengan memberikan pembekalan apa yang sebaiknya dilakukan mereka dalam menjalankan organisasi sebuah klub bola basket profesional secara jangka panjang

"Presentasi kami dengan IBL berlangsung lancar dan bagus. IBL sangat informatif dan banyak memberikan masukan tentang apa yang harus kami lakukan sebagai klub baru, terutama dalam lima tahun ke depan," kata Jamin Mattotoran, Direktur Teruna Jayapura usai presentasi.

"IBL rencana membuka maksimal dua slot untuk tim baru di Kompetisi IBL 2021," kata Junas. Diharapkan dari proses verifikasi dan penyaringan ini akan didapatkan kandidat yang terbaik dan dapat turut mendukung pengembangan bola basket di Indonesia. Pada awal Oktober akan diumumkan dua klub baru yang akan ikut serta pada kompetisi IBL 2021.

"Antusiasme keikutsertaan klub klub baru ini merupakan tanda baik bahwa liga terus menuju arah yang lebih baik. Di musim 2020 kita berhasil menambah satu tim baru dari Surabaya. Ke depannya, dari yang akan terpilih dipastikan adanya klub dari kota baru sehingga akan menjadi peluang bagus dalam perkembangan liga bola basket Indonesia, sesuai dengan visi dan misi IBL," sambut Junas.

"Kami akan selalu berusaha keras menjalankan program kerja kami demi menuju industri bola basket yang lebih baik, tentunya hal ini dapat terwujud dengan dukungan semua pihak," tutup Junas. (DRMK)

Baca Juga: IBL Akan Mulai Proses Verifikasi Calon Kandidat Peserta Baru di Liga

Foto: Alexander Anggriawan

 

Populer

Buzzer Beater Jamal Murray Jadi Pukulan Telak untuk Lakers
LeBron James Kesal Dengan Keputusan Wasit Terhadap Pelanggaran D-Lo Russell
Wemby Jadi Pemain Pertama yang Menjadi Finalis ROY dan DPOY Sekaligus
Porzingis Hanya Ingin Celtics Menang, Bukan Beradu dengan Adebayo
Daftar Finalis Penghargaan Individu NBA Musim 2023-2024
Tripoin Donte DiVincenzo Pastikan Knicks Unggul 2-0 dari Sixers
Panas di Gim 1, Lillard: Dua Tahun Tidak Tampil Playoff Itu Menyebalkan
Darvin Ham: Kami Akan Membalas Nuggets di Gim 3
Mike Brown Minta Penyesuaian Gaji
Jamal Murray Terharu Tetap Dipercaya Meski Tembakan Sedang Buruk