Jonas Jerebko Merapat ke Tim Rusia BC Khimki

| Penulis : 

Jonas Jerebko menandatangani kontrak dua tahun bersama Khimki Moscow Region. Tim asal Rusia itu mengumumkannya pada Rabu, 14 Agustus 2019. Jerebko pun bersiap untuk menghadapi tantangan baru. Ia akan melakukan debutnya di kompetisi utama tingkat Eropa.

Sebelum kembali ke Eropa, Jerebko sempat membela Golden State Warriors. Ia bergabung dengan tim asal Oakland itu pada Juli 2018 lalu. Jerebko kemudian tampil dalam 73 pertandingan reguler dengan hanya 6 kali menjadi starter. Ia mencetak rata-rata 6,3 poin, 3,9 rebound, dan 1,3 asis. Persentase tembakannya mencapai 45,9 persen dengan efektivitas tembakan 55,6 persen dan true shooting percentage 58,8 persen.

Jerebko juga membantu Warriors lolos ke playoff. Ia bahkan tampil di Final NBA, tetapi gagal mengantarkan tim ke podium juara. Warriors tumbang dari Toronto Raptors dengan kedudukan 4-2.

Selain Warriors, Jerebko juga pernah membela tiga tim NBA pada 2009—2018. Tiga tim itu adalah Detroit Pistons, Boston Celtics, dan Utah Jazz. Jerebko sudah merasakan kompetisi tersohor sedunia selama 10 tahun.

Setelah 10 tahun mengembara di NBA, Jerebko akhirnya kembali ke Benua Biru. Ia tidak sabar untuk segera melantai di sana. Kembali ke Eropa untuk melawan tim-tim terbaik sudah menjadi targetnya.

“Saya sangat tidak sabar untuk bergabung dengan rekan-rekan setim saya. Saya sudah jelas tahu segalanya tentang tim, dan para pelatih. Kami memiliki pemain-pemain Rusia yang hebat,” ujar Jerebko per EuroHoops.

Jerebko juga sudah tidak sabar untuk mengenal Moskow dan Rusia. Sebab, ia belum pernah bermain di sana. Ini akan menjadi pengalaman pertamanya menginjak tanah Negeri Beruang Putih.

“Saya dari Eropa, Swedia, dan saya sudah bermain untuk tim nasional,” kata Jerebko lagi. “Kami telah bermain melawan Rusia di kejuaraan Eropa terakhir kali, jadi saya agak terbiasa dengan pertandingan Eropa. Saya tidak berpikir transisinya akan sulit.”

Sementara itu, Kepala Pelatih Khimki Rimas Kurtinaitis senang mendapatkan pemain sekelas Jerebko. Ia tidak perlu khawatir lagi dengan pemain berposisi 4-5. Kurtinaitis jelas akan menggunakan Jerebko untuk mengisi posisi tersebut.

“Jonas adalah pemain yang sangat baik yang bisa bermain di posisi empat dan lima. Dia berasal dari NBA di mana ia menunjukkan hasil yang baik dan permainan spektakuler, bahkan bermain di Final NBA 2019,” ujar Kurtinaitis.

Jerebko dan Kurtinaitis juga sudah mengenal satu sama lain. Mereka pernah bekerja sama dalam kamp pramusim Treviso pada 2009. Kini mereka akan bekerja sama lagi untuk menggapai prestasi di Eropa.

Khimki sendiri berhasil membentuk skuat yang lebih dalam pada musim panas ini. Kehadiran Jerebko akan semakin memperdalam skuatnya. Khimki siap berlaga di VTB United League dan EuroLeague. (put)

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder