Ada yang mengatakan bahwa tren dunia busana itu berputar. Artinya, tren saat ini terinspirasi dari tren yang pernah ada di masa lampau. Hal tersebut terbukti dewasa ini. Sebut saja tren sepatu olahraga gemuk yang biasa ditemui di era tahun 1990-an serta tren kemeja flannel yang jadi tren street wear.

Dari fenomena itu, Supreme dan Nike ingin memunculkan kembali tren yang ada di awal tahun 2000-an. Kala itu, banyak pernak pernik yang memunculkan logo NBA dalam satu busana (printed all-over logo). Tren itu sering ditemui di jaket, kaos, hingga tas.

Inilah "NBA x Nike All-over Printed Logo Jacket" yang populer di awal tahun 2000-an. Kepopuleran jaket ini jadi inspirasi untuk merilisnya ulang dengan basis Nike Air Force 1 Mid.

 

Momen itu coba diangkat kembali namun menggunakan basis yang berbeda. Supreme dan Nike memutuskan untuk menggunakan basis Nike Air Force 1 Mid., sepatu basket pertama yang menggunakan teknologi Air Sole karya Bruce Killgore pada 1982. Perjalanan historis itu pantas untuk dihadirkan kembali.

Secara garis besar, tak ada perubahan mencolok dari Nike Air Force 1 Mid itu. Sebuah sepatu setinggi mata kaki dengan strap di bagian atas berbahan kulit. Air Sole terletak di dalam sol bawah yang tebal. Modifikasi dilakukan Supreme dengan menambah ornamen di bagian kulit atas dengan menyertakan logo-logo tim kontestan NBA musim 2017-2018. Bagian sol dalam juga tak lepas dari sentuhan modifikasi ini.

Supreme juga menambahkan logo mereka tersemat diantara logo tim NBA. Serta tulisan bordir “Supreme” di bagian depan strapnya. Supreme pun menyertakan sepatu kolaborasi tiga pihak ini ke dalam koleksi Spring/Summer 2018. Sepatu kolaborasi ini dipatok seharga 165 dolar Amerika. Harga tersebut akan naik drastis bila Anda membelinya dari tangan kedua.

Sementara ini, Supreme dan Nike baru mengumumkan warna dasar hitam saja. Namun beredar foto-foto Supreme x Nike Air Force 1 Mid "NBA Logo" dalam basis warna putih. Belum ada informasi apakah sepatu ini masuk dalam rilis resmi atau khusus untuk kalangan kerabat dan sahabat (friends and family) Nike.

Langkah ini jadi langkah lanjutan dari kolaborasi tiga pihak besar tersebut. Kejutan itu dimulai ketika Kelly Oubre Jr. menggunakan lengan baju tambahan (arm sleeve) hasil kolaborasi Supreme, Nike dan NBA pada 13 Desember 2017 lalu. Itu artinya, mereka merilis lagi kolaborasi lain yang layak untuk ditunggu setelah ini. Kita tunggu saja. (*)

Sumber foto: Nike, Kicks On Fire

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Nuggets Singkirkan Lakers
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Ada Wemby, Spurs Akan Kembali ke Paris Setelah 19 Tahun
Janji Donovan Mitchell di Gim 5 Cavaliers vs Magic
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian