Tiga dekade lalu, Michael Jordan memperkenalkan pertama kali siluet Air Jordan III saat membintangi All-Star Weekend 1988 di Chicago, Amerika Serikat. Sepatu ini bisa jadi yang paling bersejarah di antara deretan Air Jordan yang pernah dirilis. Inilah karya pertama Tinker Hatfield, desainer kebanggaan Nike itu, untuk Michael Jordan.

Setelah kurang puas dengan Air Jordan I dan II, Michael Jordan sempat berkeinginan untuk mengakhiri kontrak kerja samanya dengan Nike. Namun, ia urung melakukannya karena puas dengan performa Air Jordan III. Bayangkan bila Jordan mengikuti hasratnya untuk hengkang dari Nike saat itu, mungkin kultur sneaker akan jauh berbeda saat ini.

Pada 6 Februari 1988, Jordan menggunakan Air Jordan III White/Cement di kontes Slam Dunk. Ia berhasil mengalahkan Dominique Wilkins, musuh terberatnya. Esoknya, ia menggunakan warna Black/Cement untuk membuat sejarah lain dengan mencetak 40 poin di laga All-Star Game dan jadi MVP. Seluruh momen luar biasa itu ia lalui dengan Air Jordan III.

Untuk memperingati momen itu, Jordan merilis ulang tiga sepatu Air Jordan III. Seri pertama adalah seri retro warna Black/Cement, Jordan merilis sepatu itu sama persis dengan apa yang dipakai Jordan 30 tahun lalu.

Air Jordan III White/CementDunk Contest” dihadirkan dengan mengambil momen ketika Michael Jordan memenangkan Slam Dunk Contest pada 1988. Kala itu, Jordan berhasil memenangkan kontes ini dengan meraih 147 poin. Poin itu kemudian tersemat di lidah dalam. Sepatu ini bersol bening dengan garis merah menyala disana. Garis itu jadi representasi garis lemparan bebas yang ia injak sebagai pijakan sebelum melompat tinggi melakukan slam dunk. Detail itu dibuat sama seperti yang terjadi di tahun 1988.

Sepatu ketiga bisa jadi yang paling unik di antara semuanya. Sketsa awal Air Jordan III yang digambar sendiri oleh Tinker Hatfield akhirnya dibuat. Sepatu ini awalnya kurang berhasil menarik hati petinggi Nike. Air Jordan III yang biasa Anda temui adalah versi perbaikan dari desain Hatfield yang diproduksi ini. Seri ini pun diberi nama Air Jordan III “Tinker Hatfield”.

Rencananya, ketiga sepatu ini akan dirilis bersamaan pada 14 Februari 2018 dengan harga retail sebesar AS$200. Sayangnya, hanya gerai tertentu di Amerika Serikat dan Eropa yang jadi tempat perilisannya. Bila Anda ingin memilikinya, bisa dipastikan harga retail tersebut akan naik karena biaya pengiriman dan pajak.

Sumber Foto: Sneaker News, Nike, Nice Kicks, NBA Archieve

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets