Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya. Ungkapan tersebut pantas disematkan untuk Bronny James, putra sulung bintang Los Angeles Lakers, LeBron James. Bronny dilaporkan menerima kontrak "Name, Image, and Likeness (NIL) endorsment" dari raksasa produsen perlengkapan olahraga, Nike. Bronny mengikuti jejak ayahnya yang pernah mencetak prestasi tersebut di tahun 2003. 

Dilaporkan The Athletic, Bronny saat ini masih tercatat sebagai siswa sekolah menengah atas, yang bermain untuk Sierra Canyon (California) High School. Dia kini menyamai prestasi ayahnya yang mendapatkan kontrak dari Nike sebelum masuk NBA. Dulu kontrak LeBron James bernilai USD 90 juta pada tahun 2003. Namun tidak ada informasi mengenai kontrak Bronny dengan Nike. 

"Sepanjang yang saya ingat, Nike telah menjadi bagian dari keluarga saya sejak dulu," kata Bronny, dikutip dari Complex Sports. "Mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan mereka dan melanjutkan warisan keluarga saya baik di lapangan maupun di komunitas adalah hal yang sangat berarti bagi saya."

Nike mengumumkan pada hari Senin, 10 Oktober 2022, bahwa mereka sudah merekrut Bronny dan empat pemain perguruan tinggi dengan kontrak NIL endorsment tersebut. Mereka adalah Caitlin Clark, Haley Jones, DJ Wagner, dan Juju Watkins. Bronny selama ini memakai sepatu Nike LeBron di lapangan ketika bertanding. Tentu tidak asing lagi dengan produk-produk dari Nike. Dia sudah lama bersembunyi di balik bayang-bayang ayahnya. Jadi sekarang giliran Bronny yang membuat warisannya sendiri. 

Bronny berusia 18 tahun pada 6 Oktober 2022. Dia dipandang sebagai salah satu prospek pemain terbaik di masa depan. Menurut data 247Sports, Bronny menempati peringkat ke-7 untuk kategori shooting guard sekolah menengah di Amerika Serikat, dan peringkat ke-45 secara keseluruhan. Bronny bersiap untuk mencari perguruan tinggi setelah lulus dari Sierra Canyon High School. Tapi dengan kesepakatan ini, otomatis ruang gerak Bronny lebih sempit. Karena dia hanya bisa bergabung dengan perguruan tinggi yang disponsori oleh Nike. Kabarnya dia sudah mendapatkan tawaran dari Memphis, Ohio State dan USC. (*)

Foto: Yahoo!Sports

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama