Brandon Jawato dan Lester Prosper resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Keduanya siap membela timnas Indonesia di ajang internasional. Mereka berdua akan mengejar waktu pengerjaan paspor agar bisa tampil di Window 2 Kualifikasi Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup 2021), yang akan berlangsung 23 November mendatang.

Seperti yang diberitakan mainbasket.com sebelumnya, bahwa Fareza Tamrella selaku manajer timnas Indonesia akan mengumumkan 12 pemain yang dibawa ke Manama, Bahrain, pada 20 November mendatang. Jadi bila Jawato dan Prosper ingin dibawa ke kualifikasi jendela kedua, maka harus menyelesaikan paspor sebelum tanggal tersebut.

"Pembacaan sumpah WNI untuk Brandon dan Lester hari ini berjalan lancar. Tinggal proses pembuatan paspor. Semoga bisa berjalan dengan lancar," kata Fareza Tamrella, Kamis malam, 12 November 2020.

"Harapannya setelah mereka mendapatkan paspor, yang pertama akan kami lakukan adalah berupaya agar Brandon Jawato dihitung sebagai pemain lokal oleh FIBA. Sehingga timnas bisa menampilkan keduanya bersamaan di turnamen resmi FIBA."

Sebenarnya masalah ini sudah dibahas sebelumnya. FIBA hanya mengizinkan satu pemain naturalisasi untuk tampil di turnamen resminya. Bila Lester Prosper adalah naturalisasi murni. Brandon Jawato berbeda. Dia masih punya keturunan darah Indonesia.

Kasus ini hampir sama dengan Jordan Clarkson. Timnas Filipina masih berusaha keras agar FIBA mau mengakui Clarkson sebagai pemain lokal. Ini agar mereka bisa memainkan Clarkson bersama dengan Andray Blatche.

Baca Juga: Timnas Filipina Kesulitan Memanggil Jordan Clarkson untuk Kualifikasi Piala Asia

Sembari berjuang untuk status Jawato di FIBA, Fareza berharap kedua pemain naturalisasi tersebut bisa memberi kontribusi maksimal untuk basket Indonesia.

"Kami berharap kehadiran mereka bisa meningkatkan prestasi Indonesia di level Internasional, dan juga mereka bisa memberikan dampak positif baik di dalam dan luar lapangan," imbuh Fareza.

Sementara itu, selain Prosper dan Jawato, dua orang juga resmi menjadi WNI. Mereka adalah Kimberly Pierre Louis, pemain yang sempat mengikuti pemusatan latihan timnas putri Indonesia, serta pemain sepak bola Marc Anthony Klok. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets