Tristan Thompson tidak akan bermain untuk tim nasional Kanada di Piala Dunia 2019. Shams Charania, The Athletic, melaporkan hal itu. Padahal senter Cleveland Cavaliers tersebut masuk dalam daftar pemain terpanggil.

Dengan mundurnya Thompson, daftar pemain NBA yang gagal tampil di Piala Dunia tahun ini pun bertambah. Sebelumnya ada Anthony Davis (Amerika Serikat), Ben Simmons (Australia), dan Steven Adams (Selandia Baru). Mereka dikabarkan mundur dari timnas masing-masing karena berbeda alasan.

Thompson sendiri sebenarnya adalah pemain berpengalaman. Ia sudah akrab dengan timnas. Pemain asal Brampton, Ontario, Kanada itu bahkan memulai debut internasionalnya saat masih remaja. Ia sempat mengikuti FIBA Americas U-18 Championship pada 2008. Saat itu ia dan kawan-kawannya menyabet medali perunggu.

Selain FIBA Americas U-18 Championship, Thompson juga bermain di FIBA U-19 World Championship 2009 dan FIBA Americas Championship 2013. Namun, Kanada tidak berhasil meraih medali apa pun. Sementara Thompson kemudian sibuk dengan kariernya di NBA.

Thompson bermain untuk Cavaliers di NBA sejak 2011. Ia bertahan di sana sampai sempat mengantarkan tim asal Ohio itu menjadi juara. Mereka juara setelah mengalahkan Golden State Warriors pada 2016.

Sayangnya, Cavaliers belum pernah juara lagi hingga dewasa ini. Mereka bahkan tidak lolos Playoff pada 2018-2019. Sebab, Cavaliers terdampar di peringkat 14 dengan rekor 19-63.

Thompson saat itu tidak banyak tampil. Ia hanya sempat tampil sebanyak 43 kali. Hal itu terjadi karena Thompson mengalami cedera. Namun, ia mampu mencetak rata-rata 10,9 poin dan 10,2 rebound.

Dengan absennya Thompson di skuat Kanada, para pemain muda punya kesempatan untuk mengisi kekosongan. Apalagi Kepala Pelatih Kanada Nick Nurse, memanggil beberapa pemain muda di posisi yang sama. Mereka adalah Brandon Clarke (Memphis Grizzlies), Chris Boucher (Toronto Raptors), dan Khem Birch (Orlando Magic).

Kamp latihan Kanada sendiri akan berlangsung di masa bebas. Para pemain pun mesti menepi sejenak dari hiruk pikuk NBA. Kanada kemudian akan menghadapi Australia di pertandingan pembuka pada 1 September mendatang. (put)

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera