Dwight Howard sempat terkenal sebagai salah satu senter terbaik NBA. Namun, namanya meredup dalam lima tahun terakhir ini. Ia bahkan harus pindah dari satu tim ke tim lainnya selama periode itu. Setidaknya ia sudah bermain dengan lima tim sampai menjadi pemain bebas pada 2019 ini.

Howard kini sadar bahwa dirinya bukan seorang pemain dominan. Ia mulai menarik diri sebagai alpha male dan berusaha untuk memberi kontribusi kepada timnya sebaiknya mungkin. Sayangnya, tim-tim NBA belakangan ini belum menunjukkan ketertarikan kepadanya.

Kendati demikian, Howard terus berharap ada tim yang mau merekrutnya. Ia bahkan terbuka untuk kembali ke Los Angeles. Entah bermain dengan Lakers maupun Clippers.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi saya menyukai L.A.,” kata Howard. “Staples Center akan ramai musim ini. Ketika saya bermain di sana, arena selalu ramai. Atfmosfernya gila, tidak hanya untuk Lakers tetapi juga Clippers. Saya pikir kerja keras mereka terbayar. Mereka selalu tampak seperti saudara kecil Lakers, tetapi kini memutuskan untuk berdiri sendiri.”

Menurut Howard, Clippers bisa sebesar sekarang karena beberapa pemain telah membentuk fondasi di sana. Ia mengatakan bahwa para penggemar NBA mesti berterima kasih kepada Blake Griffin, DeAndre Jordan, dan Chris Paul yang pernah bermain di sana. Ia juga kagum kepada Doc River, kepala pelatih Clippers, atas apa yang ia lakukan pada tim itu.

Howard sendiri memang sempat bermain di Los Angeles ketika membela Lakers pada 2012-2013. Namun, kariernya tidak berjalan baik di sana. Sehingga ia memutuskan hengkang ke Houston. Howard bergabung dengan Rockets dan bermain di sana selama tiga musim.

Setelah membela Rockets, Howard menjadi seorang nomad karena terus berpindah dari satu tim ke tim lain. Ia sempat membela Atlanta Hawks, Charlotte Hornets, dan Washington Wizards. Senter berusia 33 itu membela ketiga tim tersebut pada 2016—2019.

Howard sebenarnya punya hak untuk tetap membela Wizards setelah mengambil opsi pemainnya. Namun, Wizards menukarnya ke Memphis Grizzlies di musim panas ini untuk mendapatkan C.J. Miles. Ia pun terpaksa pindah dari Washington ke Memphis.

Grizzlies kabarnya berencana untuk melepas Howard daripada menukarnya. Dengan begitu, senter yang sudah berkarier di NBA selama 15 tahun itu bisa menentukan destinasinya sendiri. Saat itulah ia mengatakan dirinya terbuka kembali ke Los Angeles.

Untuk sementara ini, Howard hanya bisa menunggu sampai Grizzlies melepasnya. Ia tidak bisa bergerak karena masih terikat kontrak. Seandainya Grizzlies tidak melepasnya, Howard berarti akan tetap di Memphis. (put)

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Nuggets Singkirkan Lakers
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Ada Wemby, Spurs Akan Kembali ke Paris Setelah 19 Tahun
Janji Donovan Mitchell di Gim 5 Cavaliers vs Magic
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
NSH dan Aspac Bertukar Pemain