Russell Westbrook telah bergabung bersama Jordan sejak enam tahun lalu. Ia membuktikan diri sebagai atlet yang efektif menjual produk sang sponsor. Oleh karenanya, anak perusahaan Nike itu membuatkan sepatu edisi khusus yang dinamai Jordan Why Not Zero. Per Hari Natal 2018 kemarin, sepatu tersebut telah sampai ke edisi dua setelah Nike mengirim foto resmi produknya ke awak media.

Penampilan sepatu untuk garda eksplosif itu bisa jadi terinspirasi dari gaya berbusana sang pemain. Russell terkenal dengan penampilannya yang eksentrik dengan memadukan berbagai macam warna baju. Meski bagi sebagian orang terlihat norak, namun ia tetap melakukannya pra-gim sehingga cara berpakaian tersebut menjadi ciri khasnya.

Anak perusahaan Nike itu pun mengakomodasi hobi pemainnya dengan sepatu yang menggambarkan siapa dia. Dimulai dengan perilisan pertama yang memuat dua sepatu, basket dan kasual, tahun lalu. Untuk rilisan kedua, belum dapat dipastikan apakah mengambil konsep sama dengan yang sebelumnya.

Siluet sepatu basket edisi pertama dan kedua jauh berbeda. Bagian atas Jordan Westbrook Why Not Zer0.1 terkesan minimalis dengan sedikit penggunaan panel serta minim padanan panel-panel. Kombinasi warna yang muncul pun dihasilkan dari motif yang ditampakkan dengan tema-tema tertentu.

Baca Juga: Sepatu Pertama Russell Westbrook bersama Nike

Aliran tersebut tampaknya akan terganti pada varian terbaru. Jordan dan sang pemain sepakat menampilkan setidaknya enam panel dalam bagian atas sepatu. Potongan-potongan bahan tersebut ditambah dengan beberapa plat plastik yang berfungsi sedemikian rupa untuk memenuhi performa dan estetika. Selain itu, format temali yang dihadirkan pun benar-benar berbeda dari versi lebih tua.

Bagian sol tampaknya jadi bagian dengan perubahan paling kentara. Saya sangat jarang menyaksikan varian produk Nike yang menempatkan sol terpisah menjadi dua bagian. Desain ini mengingatkan saya pada beberapa siluet adidas hasil kolaborasi dengan Rick Owens maupun Yohji Yamamoto dalam curug adidas Y-3.

Selain itu, detail-detail yang terlihat mengindikasi sedikit aliran dekonstruksi. Gaya ini berusaha memunculkan bagian-bagian tidak lazim sehingga kita bisa melihatnya dari luar sepatu. Simpulan itu berdasar pada detail label di sepatu kiri yang tersemat di sisi dalam. Ditambah juga data ukuran yang terletak di sol bawah alih-alih ditempatkan di lidah dalam laliknya sepatu pada umumnya. Gaya modifikasi dekonstruksi pun sudah kami ulas di Majalah Mainbasket pada edisi Juli 2018.

Russell adalah tipikal pemain dengan insting penghibur. Ia menikmati sorotan kamera ke arahnya dan jadi obrolan khalayak ramai. Cara pandang macam itu tampaknya tertuang pada sepatu khususnya bersama Jordan. Laman Sneaker News menyebut Jordan Why Not Zer0.2 akan dirilis pada 2 Januari 2019 khusus Amerika Serikat dengan harga retail resmi yang belum terkonfirmasi. Pihak pabrikan juga belum mengumumkan tanggal perilisan global.

Foto: GQ, Sneaker News

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley