Kuasai Babak Over Time, SMAN 28 Juarai Basket Putri Jakarta

| Penulis : 

Partai puncak Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018 akhirnya digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 November 2018. Final kategori putri digelar lebih dahulu dengan mempertemukan dua wakil dari Jakarta Selatan, SMAN 3 Jakarta berhadapan dengan SMAN 28 Jakarta. Lewat babak over time yang ketat, SMAN 28 menang 49-46.

SMA 3 yang tampil dengan semangat balas dendam membara langsung mengambil inisiatif serangan di lima menit kuarter pertama. Namun, SMAN 28 berusaha mengambil alih momentum di sisa kuarter pertama dan berbalik unggul 9-5. Di kuarter dua, pertandingan masih berlangsung sengit dengan kedua tim saling berbalas merebut keunggulan. Tetapi, permainan kolektif SMAN 3 saat menyerang membuat mereka menutup paruh pertama dengan keunggulan 16-14.

Paruh kedua pertandingan tak berubah banyak, aksi saling rebut keunggulan terus terjadi. SMAN 28 kembali menemukan performa mereka di kuarter ini. Tim yang turun dengan seragam warna putih ini mencetak 13 poin dan hanya berbalas 10 poin dari SMAN 3. SMAN 28 menutup kuarter tiga dengan keunggulan 27-26.

Di kuarter penentuan, pertandingan semakin memanas. Sisa 48 detik pertandingan, SMAN 28 mendapatkan dua tembakan gratis dan berujung pada keunggulan 39-38. Tak lama berselang, sebuah layup dari pemain SMAN 3 berhasil membawa keunggulan berbalik di sisi mereka. Sayangnya, SMAN 3 tak bertahan dengan baik dan berujung pada dua tembakan gratis untuk SMAN 28. Hadiah ini hanya berhasil dikonversi menjadi satu poin dan menutup kuarter empat dengan skor 40-40, pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu (overtime).

Di babak overtime, SMAN 28 tampil perkasa. Mereka mencetak lima poin dalam kurun dua  menit pertama. Sepanjang lima menit babak ini, SMAN 28 selalu unggul dan berhasil menutup laga dengan kemenangan 49-46.

Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua SMAN 28 atas SMAN 3 di partai final. Ya, Partai ini merupakan partai ulangan final Wilayah Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Di laga tersebut, SMAN 28 berhasil keluar sebagai pemenang usai mengandaskan SMAN 3 dengan skor akhir 64-52.

Dua pemain andalan SMAN 28, Sophia Rebecca Adventa dan Shabrina Shalhan menjadi kunci kemenangan ini. Keduanya menjadi top skor di laga ini dan menjadi dua pemain dari SMAN 28 yang mampu mencetak dua digit angka. Sophia tampil bak monster di bawah ring dengan dobel-dobel 19 poin dan 18 rebound. Sementara Shabrina menambahkan 17 poin plus 2 rebound. Meski tak mampu menyentuh dua digit poin, Alya Namira tampil luar biasa dengan 8 poin 15 rebound.

Dari kubu SMAN 3, ada tiga pemain yang mampu mencetak dua digit poin. Jofinka Putri Bandini menjadi top skor tim dengan 15 poin dan 6 rebound. Zhara Mauritzka menambahkan 12 poin dan 5 rebound sementara Zefanya Angelina melengkapi daftar dengan 11 poin dan 8 rebound.

Sebelum partai final putri ini digelar, ada juga dua partai final di Mainbasket 3X3 kategori putra dan putri. Tim putri PSKD 1 berhasil menaklukkan SMAN 82 Jakarta dengan skor 8-4. Sementara di kategori putra, PSKD 1 harus takluk atas SMAN 71 Jakarta dengan skor 7-5.  Enda Purnamasari dinobatkan sebagai Most Valuable Player di kategori putri sedangkan Muhamad Hafizh menjadi MVP kategori putra, keduanya berasal dari tim juara.

Foto: Abraham Buwana

 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Nuggets Singkirkan Lakers
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini