BBM Vikings Warriors Curi Satu Kemenangan Lagi Demi ke Final

| Penulis : 

BBM Vikings Warriors berada di peringkat dua klasemen sementara di Pacific Caesar 50th Anniversary Pro Tournament. Mereka terus berada di peringkat itu setelah mengalahkan Garuda Bandung 77-60 di GOR Pacific Caesar, Surabaya, Jawa Timur, Rabu 11 Juli 2018.

BBM mengandalkan peran duo pemain asing di pertandingan ini. Terrel Carter II, senter, mencetak poin terbanyak dengan dobel-dobel 29 poin dan 14 rebound. Okasue Udun, pemain lainnya, juga mencetak dobel-dobel dengan 24 poin dan 13 rebound.

Sementara itu, Januar Kuntara dari Garuda Bandung mendulang poin terbanyak timnya dengan 15 poin. Muhammad Reza Guntara lalu menyusul dengan 14 poin yang tetap saja tidak bisa menghindarkan mereka dari kekalahan. Menurut Jerry Lolowang, asisten pelatih Garuda, timnya tumbang karena kalah pengalaman. Apalagi BBM, di samping menggunakan jasa asing, juga diperkuat bekas pemain nasional sekelas Andrie Ekayana, Dimaz Muharri, Dimas Dewanto, dan lainnya.

Kendati begitu, Garuda di kuarter pertama bisa memberikan perlawanan yang membuat mereka tak tertinggal jauh. Permainan kolektif mereka menghasilkan sedikitnya 13 poin. Namun, Carter, senter BBM, langsung melunasinya dengan 13 poin juga. Udun kemudian menambahkan empat poin sehingga BBM unggul 17-13.

BBM menjauh di kuarter-kuarter berikutnya. Mereka berhasil mengeksplorasi area kunci dengan mencetak 40 poin dari sana. Sementara itu, Garuda belum bisa memainkan beberapa pilar mereka; Diftha Pratama, Surliyadin, Hans Abraham yang masih menepi karena cedera. Luke Martinus, senter, harus pulang lebih dulu karena urusan pribadi sehingga Jerry Lolowang perlu memaksimalkan pemain seadanya. Oleh karena itu, para pemain Garuda pun terpaksa tampil saling menambal posisi dan peran satu sama lain untuk sekaligus menyiapkan diri mereka demi IBL musim depan.

Ketika Garuda mesti berjuang dengan kesulitan mereka, BBM justru membenahi kekurangan mereka di turnamen ini. Menurut Asisten Pelatih Heru Widianto, timnya yang sebelum ini tidak kompak sudah bisa bermain bersama. Ia melihat anak-anak asuhnya cukup padu hari ini, terutama ketika menjalankan sistem bertahan.

“Para pemain hari ini sudah membaik dari 2-3 hari lalu. Mereka bisa menjalankan defense, rebound dengan bagus.” ujar Heru ketika ditemui seusai pertandingan.

Dengan permainan yang membaik, BBM pun terus unggul di sisa pertandingan. Mereka tidak pernah lagi tertinggal sejak kuarter pertama dan memenangkan pertandingan.

BBM kini tinggal menunggu hasil pertandingan Blackwater Elite melawan Pacific Caesar Surabaya. Jika Blackwater mengalahkan Pacific, berarti BBM akan menjadi lawan mereka di final besok.    

Foto: Alexander Anggriawan

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley