Converse kembali melanjutkan kampanye global City Forests: Breaking Barriers – True Color. Kali ini Convers fokus pada kesetaraan gender atau Gender Equality, dan berkolaborasi dengan komunitas kreatif untuk membuat mural di kota-kota besar, di seluruh dunia. Kampanye berupa kegiatan street art melukis mural ini adalah sebuah upaya kreatif yang memadukan seni jalanan dengan kepedulian anak muda terhadap lingkungan.

Mengangkat tema campaign Breaking Barriers – True Color, kolaborasi kali ini menggandeng Shane Tiara, seorang muralis perempuan yang populer di bidang grafiti Indonesia. Shane Tiara, juga dikenal sebagai Shane Tortilla, besar dan lahir di Jakarta sejak tahun 1994. Ia adalah seorang ilustrator, komikus, seniman mural atau lebih dikenal sebagai graffiti, dan sarjana desain komunikasi grafis, namun lebih disukai disebut sebagai Visual Entertainer. Dia telah dan bekerjasama dengan beberapa merek ternama di Indonesia. Shane juga merupakan bagian dari Secret Walls (sebuah komunitas seni jalanan di seluruh dunia) serta tergabung dalam band pop-synth Indonesia selaku Kreatif Direktur.

Shane Tiara kali ini menghadirkan mural dengan judul “Setara Berkarya Untuk Ibu Pertiwi” menyuarakan semangat kesetaraan gender (Gender Equality) yang kerap menjadi salah satu isu penting saat ini. Mural ketiga ini berlokasi di Jl. Juanda, Jakarta Pusat dan menggunakan cat Graphenstone, jenis cat fotokatalitik yang menggunakan sinar matahari untuk memecah zat berbahaya di udara dan mengubahnya menjadi partikel aman, yang setara dengan kemampuan pohon menyerap zat polutan/berbahaya sekaligus membersihkan udara.

Lewat mural ini, Converse telah “menanam” 150 pohon. Penikmat mural “Setara Berkarya Untuk Ibu Pertiwi” juga dapat berkreasi dengan keseruan IG filter dan motion AR dengan melakukan scan barcode yang terdapat di mural.

“Saya senang bisa menjadi bagian dari proyek keberlanjutan ini. Kita tidak sekadar melukis seni yang indah, tetapi juga membantu membersihkan lingkungan dari polusi udara yang berbahaya,” ucap Shane. "Pesan yang ingin disampaikan melalui karya mural ini menggambarkan perempuan masa kini yang mandiri, bangga dan kuat! Perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan apa pun. Jadi saya ingin mendorong perempuan muda di mana pun untuk bersuara, berkarya, dan mengungkapkan karakter perempuan sejati, dan pastinya, melakukan sesuatu yang bermakna untuk Ibu Pertiwi, Indonesia".

Sejak tahun 2020, Converse Indonesia yang dikelola oleh PT Map Aktif Adiperkasa Tbk telah bekerja sama dengan beberapa seniman lokal ternama ibukota antara lain Olderplus, Blesmokie, Fivust dan juga Mr. Wormo dalam menghadirkan karya mural berkelanjutan di sejumlah lokasi di kota Jakarta. Selain menyampaikan pesan membersihkan udara melalui kegiatan seni jalanan, Converse City Forests ini selalu mengangkat tema yang berbeda di setiap karya muralnya.

Mural pertama berlokasi di jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, bertema Create Together For Tomorrow. Sedangkan mural kedua yang berlokasi di 2 lokasi yaitu di jalan RS. Fatmawati, Jakarta Selatan dan jalan Raya Joglo, Jakarta Barat mengusung tema “Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing”, sebuah pesan kuat kepada seluruh masyarakat khususnya anak muda mengenai keberagaman budaya serta kewajiban kita untuk bersatu menjaga lingkungan.

Kampanye City Forest dalam rangka membersihkan udara ini, diadakan di beberapa kota di dunia termasuk Jakarta (Indonesia), Sao Paulo (Brazil), Manila (Filipina), Bangkok (Thailand), Sydney (Australia) dan masih banyak kota lainnya. Converse secara aktif mencari cara untuk menjaga momentum terus berjalan, menggandeng seniman lokal di berbagai penjuru Indonesia, dan dunia, untuk mendukung misinya menciptakan udara bersih di kota-kota. Hingga saat ini, terdapat total 9.036 pohon dan terus bertambah telah “ditanam” di seluruh Hutan Kota Converse di seluruh dunia. (*)

Sumber berita dan foto: Rilis Converse Indonesia

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel