Kejuaraan bola basket Asia, FIBA Asia Cup Indonesia 2021 yang akan berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta, 19-27 Agustus mendatang menjadi pentas olahraga internasional perdana Indonesia dalam dua tahun terakhir. Karena itu, panitia pelaksana (panpel) akan fokus penyelenggaraan dengan penerapan protokol kesehatan yang aman dan dipatuhi semua pihak yang terlibat sehingga menjadi contoh bagi negara lain dalam menggelar turnamen olahraga internasional di tengah pandemi.

Hal itu ditekankan Ketua Panitia FIBA Asia Cup Indonesia 2021, Junas Miradiarsyah yang memimpin rapat pleno perdana panitia pelaksana di Jakarta, Selasa, 20 April 2021 . Dalam rapat yang dihadiri oleh Ketua Umum PB Perbasi, Danny Kosasih tersebut juga ditekankan lima target sukses penyelenggaraan turnamen bola basket bergengsi Asia itu.

"Ada banyak target atas kepercayaan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup 2021 ini. Namun, saya ingin tekankan kepada seluruh panpel agar kita menggelar turnamen yang diikuti 16 negara Asia ini dengan aman dan memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan negara dan FIBA. Jika kita bisa melakukan itu, tak hanya sukses penyelenggaraan yang bisa diraih, tapi kita juga berhasil mempromosikan kepada dunia bahwa penanganan COVID-19 di Indonesia berjalan baik," ujar Junas Miradiarsyah, yang sehari-hari menjabat sebagai Direktur Utama Indonesia Basketball League (IBL).

Oleh sebab itu, ia mengharapkan lima bidang yang membidani kepanitiaan FIBA Asia Cup Indonesia 202I, yakni administrasi, keuangan, operasional, komunikasi, dan marketing-komersial wajib menyertakan dan memenuhi protokol kesehatan di setiap kegiatan yang dilakukan.

"Misalnya, bidang operasional. Sejak pemain tiba di Bandara, hingga naik bus menuju hotel, lalu saat berlatih, hingga kemudian bertanding, semuanya harus melewati pentahapan protokol kesehatan yang ketat sehingga bagian tersebut terus terpantau dan aman. Begitu pula dengan bidang-bidang lainnya. Kami harapkan semua bidang punya panduan prokes yang ketat sehingga turnamen ini bisa berjalan
lancar," tambahnya.

Harus diakui di tengah pandemi ini, misi yang diemban panpel FIBA Asia Cup Indonesia 2021 memang lebih menantang. Terlebih FIBA punya kriteria sukses tersendiri terdapat FIBA Asia Cup ini yang meliputi, venue kompetisi yang berkelas, standar dunia dalam pelayanan dan fasilitas bagi peserta, standar tinggi dalam infrastruktur teknologi dan komunikasi, serta memuaskan seluruh kontingen. Meski demikian, rasa optimistis tetap digelorakan agar Indonesia yang pernah sukses besar menggelar Asian Games 2018 Jakarta-Palembang bisa mengulang lagi prestasi tersebut.

"Kami harus optimistis. Pertama, dukungan total yang diberikan pemerintah. Kedua, pecinta olahraga nasional lagi bergairah lagi setelah hampir dua tahun vakum dari kegiatan olahraga. Dan ketiga, kita harus bangkit dan menunjukkan bahwa Indonesia mampu dan bisa sukses menjadi tuan rumah yang baik. Kita pernah membuktikan hal itu," tegas Junas.

Dalam kepanitiaan lokal FIBA Asia Cup Indonesia 2021, Menpora, Zainuddin Amali didaulat menjadi penasehat. Sementara di level pimpinan, Junas Miradiarsyah sebagai Ketua Panitia didampingi oleh dua deputi, yakni Francis Wanandi sebagai Deputy Ketua Bidang I yang membawahi bidang operasional, komunikasi, dan marketing-komersial, dan Ratu Tisha sebagai Deputy Event Director II yang mengkoordinasikan bidang administrasi dan keuangan. (*)

Sumber berita dan foto: Rilis Panpel FIBA Asia Cup Indonesia 2021

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets