Di tengah wacana kelanjutan musim 2019-2020, senter dan bintang muda Miami Heat, Bam Adebayo, mengutarakan kekhawatirannya. Dalam wawancara dengan Associated Press baru-baru ini, Bam berbicara mengenai kebiasaan-kebiasaan para pemain di lapangan. Utamanya mengenai kebiasaan mengelap keringat mereka.

Bam khawatir, kebiasaan para pemain tersebut bisa menularkan virus korona melalui keringat atau ludah, jika salah satu dari mereka ada yang terjangkit meski tak memiliki gejala. “Beberapa pemain memiliki kebiasaan yang berbeda. Seperti Steve Nash, dia memiliki kebiasaan menjilat jarinya dan beberapa pemain juga melakukan itu hingga sekarang,” buka Bam.

“Beberapa pemai lainnya sering mengusap keringat mereka dengan tangan sendiri lalu mengeringkannya ke bola pertandingan. Hal-hal ini adalah hal yang lumrah terjadi di kondisi sebelumnya. Namun, akan menjadi sangat sulit untuk dikontrol dengan kondisi sekarang. Kami (pemain) terbiasa saling bersentuhan dan sekarang hal ini jadi berbahaya jika kami bertemu anggota keluarga kami,” pungkasnya.

Kekhawatiran Bam memang cukup beralasan. Basket adalah salah satu olahraga yang penuh dengan kontak fisik. Bahkan, pemain yang tidak memegang bola pun terus melakukan kontak fisik saat sedang berupaya melepaskan diri atau sekadar membuat tembok (screen) untuk temannnya. Belum lagi kebiasaan saling bersalaman antarpemain yang terus terjadi selama gim, apa yang diutarakan Bam memang sangat relevan.

Oleh sebab itu, ide bermain dalam gelembung (bubble) untuk melanjutkan musim menjadi salah satu yang paling masuk akal. Nantinya, seluruh pemain dan keluarga besar NBA akan menjalani tes lebih dulu dan dipastikan bersih dari virus. Lalu, mereka akan memainkan semua rangkaian gim NBA sampai menemukan gelar juara di area tersebut, yang kemungkinan besar adalah Disney World Orlando.

Semua aktivitas mereka akan dilakukan di sana. Baiknya, Disney World Orlando memang memiliki nyaris segalanya untuk menjadi sebuah kota mandiri. Mulai dari hotel, fasilitas latihan, tempat makan, dan semua hal yang berhubungan dengan kebutuhan pokok ada di sana. Jika pun ada beberapa hal yang perlu ditambah, pastinya NBA akan memikirkan hal itu sebelum memberangkatkan semua pihak ke gelembung tersebut. (DRMK)

Foto: NBA

 

Populer

Hantam Prawira, Pelita Jaya Lolos ke Babak Utama BCL Asia!
Tidak Pernah Menjadi DPOY, Anthony Davis: Liga Ini Tidak Menyukai Saya
Pemilihan GOAT Versi Pemain NBA, LeBron James dan Michael Jordan Hampir Imbang
Lakukan Penyesuaian di Bigman, Mavs Curi Kemenangan dari Clippers
Zach Edey Akan Mengikuti NBA Draft 2024
Jika Yugoslavia Masih Ada, Timnas AS Dalam Bahaya
Tyrese Maxey Raih Most Improved Player (MIP) 2024
Bucks Tampil Serius, Samakan Kedudukan di Gim Kedua
Giannis Antetokounmpo Batal Tampil di FIBA World Cup 2023
Gordon Hayward Pindah ke Boston Celtics