Program pemusatan latihan tim nasional basket putra Indonesia dihentikan untuk sementara waktu. Bukan hanya soal wabah virus korona, melainkan memang seharusnya timnas beristirahat di bulan April dan Mei. Selama masa istirahat tersebut, pemain kembali ke klubnya masing-masing. Termasuk pemain yang berasal dari Stapac Jakarta.

Pada unggahan mainbasket.com sebelumnya, Fareza Tamrella sebagai manajer timnas Indonesia menyatakan bahwa pemain sudah kembali ke klub masing-masing. Selama masa istirahat tersebut, pemain mendapatkan gaji dari klubnya masing-masing.

Baca juga: Program Indonesia Patriots Selesai, Timnas Seleksi Ulang Pada Bulan Juni 2020

Setelah berita tersebut muncul, banyak pertanyaan yang muncul, yaitu bagaimana nasib pemain Stapac Jakarta. Jawabanya sederhana saja, mereka kembali ke klubnya juga. Sebab para pemain tersebut masih berstatus sebagai pemain Stapac.

Ada empat pemain Stapac Jakarta di timnas Indonesia. Mereka adalah Abraham Damar Grahita, Kaleb Ramot Gemilang, Mei Joni, dan Vincent Rivaldi Kosasih. Rata-rata mereka masih punya kontrak dengan tim Stapac.

"Kalau status mereka masih pemain saya," tegas Irawan Haryono, pemilik Stapac. "Mereka masih punya kontrak dengan Stapac, dan selama ini mereka juga masih menerima gaji dari Stapac."

Jawaban pemilik Stapac tersebut senada dengan pernyataan Mei Joni. Ia mengaku masih punya kontrak dengan Stapac Jakarta hingga tahun 2021 mendatang.

"Selama saya di timnas, masih dapat gaji dari Stapac juga," ujarnya. "Kalau soal kebijakan klub, misalnya ada penyesuaian gaji di saat sekarang, ya saya maklumi. Memang keadaanya seperti ini."

Sementara itu, Abraham yang berasal dari Bangka Belitung, saat ini memilih tinggal di mess Stapac, di Jakarta. Abraham membenarkan bahwa dirinya dan teman-teman Stapac memang masih punya kontrak dengan tim ini. Jadi mereka tidak khawatir bila timnas masih menghentikan program pemusatan latihannya.

"Kalau uang saku dari timnas memang tidak ada selama istirahat. Tetapi kami tetap mendapatkan gaji dari Stapac," kata Abraham.

Lebih jauh, Irawan Haryono menjelaskan bahwa sebagai klub, Stapac Jakarta memang masih ada. Hanya saja mereka memilih untuk tidak ikut liga musim ini. (tor)

Foto: Hariyanto

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Nuggets Singkirkan Lakers