Luol Deng Kembali ke Chicago Bulls untuk Pensiun

| Penulis : 

Luol Deng memutuskan untuk pensiun pada 2019 ini. Namun, sebelum benar-benar berhenti dari dunia bola basket profesional, ia meneken kontrak satu hari dulu bersama Chicago Bulls. Deng ingin pensiun sebagai pemain Bulls.

Forwarda berkebangsaan Inggris itu kebetulan memang mengawali kariernya bersama Bulls. Ia membela tim itu selama 10 tahun. Sejak 2004 hingga 2014. Di sanalah ia mendapat kejayaannya.

Setelah itu, Deng pindah ke berbagai tim. Ia sempat merapat ke Miami untuk bergabung dengan Heat. Kemudian, Los Angeles Lakers dan Minnesota Timberwolves. Sampai akhirnya kembali ke Chicago hanya untuk pensiun.

“Kami sangat beruntung dan tersanjung karena Luol memilih untuk pensiun sebagai pemain Chicago Bulls,” kata pemilik klub Michael Reindosdorf per BBC.

Saat bersama bersama Bulls, pemain berusia 34 tahun itu tampil dalam 637 pertandingan reguler. Ia mencetak rata-rata 16,1 poin, 6,4 rebound, 2,5 asis, dan 1 steal. Persentase tembakan keseluruhannya (FG%) menyentuh angka 46 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) 48,2 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) 52,6 persen.

Secara keseluruhan, Deng bermain di NBA selama 15 tahun. Ia tampil dalam 902 pertandingan reguler. Selama itu, ia telah mencetak berbagai prestasi. Misalnya, masuk ke jajaran All-Star dua kali beruntun pada 2012—2013.

Deng juga sempat menjadi NBA All-Rookie First Team. Kemudian, mendapatkan gelar NBA All-Defensive Second Team pada 2012. Semua prestasi itu kini menjadi penghias lemari kariernya.

Bulls berniat untuk menggelar acara penghormatan atas pensiunnya Deng. Penghormatan itu akan dilakukan saat pertandingan NBA 2019-2020. Namun, Bulls belum mengatakan lebih lanjut tentang pertandingan yang mana. (put)

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas