Angka 6 dan 100 di Balik Lolosnya Raptors ke Final NBA 2019

| Penulis : 

Dalam sebuah persitiwa, kerap kita mengenal hal-hal unik yang berkesinambungan. Dewasa ini, banyak dari masyarakat menyebutnya dengan istilah tidak resmi “cocokologi.” Menariknya, ternyata hal-hal yang sebenarnya cukup memaksa ini tak hanya terjadi di lingkungan kita saja, Indonesia. Ternyata jauh di NBA sana, hal-hal berbau cocoklogi ini juga masuk dalam perbincangan.

Terbaru, ada cocoklogi tentang keberhasilan Raptors melaju ke final, terutama apa yang terjadi di gim terakhir mereka melawan Milwaukee Bucks. Cocoklogi Raptors ini melibatkan dua angka, 6 dan 100. Dua nomor ini beredar di beberapa forum pembicaraan para penggemar NBA di beberapa media sosial.

Yang pertama adalah angka enam. Tak perlu mundur terlalu jauh, Raptors lolos ke final usai menaklukkan Bucks di gim keenam, satu cocoklogi paling mudah. Setelahnya, adalah selisih poin kedua tim di akhir laga. Raptors memenangi gim keenam tersebut dengan skor akhir 100-94, ada perbedaan enam poin dari kedua tim.

Bergeser ke sejarah tim, ini adalah musim ke-24 bagi Raptors sejak pertama kali mereka berlaga di NBA. Meski cukup memaksa, Anda tentu tahu bahwa dua ditambah empat akan berujung kepada angka enam. Terkahir tentang angka enam, kota Toronto sendiri sering disebut dengan julukan “The Six.”

Penyanyi rap, Drake, beberapa kali menggunakan The Six sebagai sebutan untuk kampung halamannya ini. Bahkan, di albumnya berjudul “Views” yang rilis pada 2016, awalnya mengambil judul “Views from the 6.” Banyak teori yang merujuk kepada mengapa Toronto dijuluki “The Six.” Tetapi, satu yang paling sering muncul adalah mengenai sejarah kota Toronto sendiri.

Hingga tahun 1998, Toronto yang kini sebenarnya masih terpecah menjadi enam kota kecil. Toronto itu sendiri, lalu ada lima kota lain bernama Scarborough, North York, York, East York, dan Etobicoke. Setahun setelahnya, pemerintah negara bagian Ontario memutuskan untuk menggabungkan enam kota di atas menjadi satu kota besar Toronto atas alasan besarnya biaya operasional. Kini, Toronto adalah kota terbesar keempat di daratan Amerika Utara setelah Mexico City, New York, dan Los Angeles.

Bergeser ke angka 100, kali ini semuanya hanya berhubungan dengan pertandingan. Pertama, jelas Anda sudah menyadari bahwa tim ini mencetak 100 poin di gim keenam lalu. Menariknya, gim keenam tersebut adalah gim ke-18 Raptors di NBA Playoff 2019. Jika dijumlah dengan gim di musim reguler, maka Raptors memainkan gim ke-100 mereka hari itu.

Satu hal terakhir yang berhubungan dengan angka 100 adalah total penampilan playoff Raptors. Sejak berlaga di NBA 24 tahun lalu, Raptors baru 11 kali melaju ke babak playoff. Pencapaian terbaik mereka sebelum musim ini adalah final Wilayah Timur, tiga musim lalu. Ternyata, dari 11 penampilan di playoff itu, Raptors total sudah memainkan 100 gim di babak playoff. Dari jumlah tersebut, Raptors mencatatkan 44 persen persentase kemenangan (44-56).

Foto: USA Today

 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas