Legenda Spanyol, Pau Gasol akan absen di Piala Dunia FIBA (World Cup) 2019. Pemain berusia 38 tahun itu menderita cedera patah tulang navicular di kaki kirinya. Pemain Milwaukee Bucks tersebut juga tidak akan bermain di sisa laga NBA musim ini.

Pau sudah naik meja operasi beberapa waktu lalu. Kini dia tengah menjalani masa pemulihan dengan pengawasan dokter tim Bucks, Dr William Raasch dari Froedtert & Medical College of Wisconsin. Pau juga bakal absen di sisa pertandingan Bucks musim ini. Tetapi ia diharapkan pulih sebelum membela timnas Spanyol.

Sayangnya, masa penyembuhan Pau sepertinya bisa lebih lama dari perkiraan. Sebab kepala pelatih timnas Spanyol Sergio Scariolo menyatakan bahwa Pau tidak akan pulih seratus persen hingga Piala Dunia FIBA bulan Agustus mendatang.

"Pau sangat penting bagi kami. Kehilangan Pau, akan menjadi kerugian besar bagi timnas Spanyol. Tetapi mereka (Milwaukee Bucks) sudah memberikan perhatian yang sangat besar pada Pau. Mereka juga berusaha agar Pau bisa sembuh lebih cepat," kata Scariolo, dikutip dari famagusta-gazette.com.

Sergio hanya bisa berharap Pau bisa pulih lebih cepat. Sebab dia tahu bahwa Pau tidak hanya ingin sekadar tampil, namun juga bisa bersaing memperebutkan gelar juara Piala Dunia FIBA 2019.

"Pau bagi timnas Spanyol adalah pemain yang penting. Bahkan dia lebih dari seorang pemimpin di tim ini," ungkap Scariolo.

Pau Gasol sudah membela timnas Spanyol di 19 kejuaraan FIBA sejak 1998. Ia tampil bersama timnas junior pada tahun 1998 hingga 2000. Kemudian masuk timnas senior pada tahun 2001. Prestasi tertinggi yang pernah diraih adalah membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia FIBA 2006 di Jepang. Prestasi lainnya yaitu mendapatkan medali perak di Olimpiade 2008 dan 2012, serta medali perunggu Olimpiade 2016.

Senter kelahiran Barcelona tersebut juga menjadi bagian penting timnas Spanyol saat memenangkan FIBA EuroBasket 2009, 2011, dan 2015. Sedangkan di EuroBasket 2017, Spanyol finis di peringkat ketiga. Pau mencetak 17,4 poin, 7,8 rebound, dan 2,6 asis dalam delapan pertandingan.

Catatan prestasi Pau di NBA juga luar biasa. Ia dua kali juara NBA (2009 dan 2010), serta enam kali masuk NBA All-Star. Pau mengawali karier di NBA bersama Memphis Grizzlies (2001-2008), kemudian pindah ke Los Angeles Lakers (2008-2014). Pada musim 2014 hingga 2016, Pau bermain untuk Chicago Bulls, lalu pindah ke San Antonio Spurs (2016-2019). Pada 3 Maret 2019 lalu, ia pindah ke Milwaukee Bucks. Saat ini, Bucks sedang berjuang di Final NBA Wilayah Timur menghadapi Toronto Raptors. (tor)

Foto: fiba.basketball

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas