Spike Lee Raih Piala Oscar Setelah 30 Tahun

| Penulis : 

Shelton Jackson “Spike” Lee mendapatkan Piala Oscar pertamanya sejak berprofesi menjadi sutradara pada 1989. Ia mendapatkannya di kategori Skenario Terbaik di film “BlacKkKlansman”. Pria 62 tahun ini terkenal sebagai aktivis anti-rasialisme di ranah film. Ia juga acap membuat film dengan tema basket dan gaya hidup di sekitarnya. Selain itu, ia berperan dalam kepopuleran sepatu Air Jordan 4 sebagai properti film yang ia garap pada 1989.

Spike Lee tidak sendirian. Turut serta pula Charlie Watchel, David Robinowitz, dan Kevin Willmott yang turut berperan dalam membantu seluruh proses penggarapan.

Proses penerimaan trofi terbilang emosional. Samuel L. Jackson yang juga sahabat Lee mengumumkannya dengan penuh ekspresi. Dilanjutkan dengan lompatan kebahagiaan dari sang penerima juga timnya.

Prosesi pidato penerimaan yang dilakukan Spike Lee

Saat pidato, Spike mempersembahkan karyanya ini kepada beberapa pihak. Mulai dari istri, nenek moyangnya dari Benua Afrika, serta neneknya yang berjuang hidup di tengah lingkungan rasialisme yang kejam. Ia juga menyebutkan pemilu Amerika Serikat 2020 sebagai momen perubahan. “Saya mempersembahkannya juga untuk nenek moyang saya. Mereka dibawa jauh dari Benua Afrika atas dasar praktek perbudakan demi membangun negara ini,” tuturnya di atas panggung.

Film “BlacKkKlansman” masuk sebagi satu dari empat film lain di nominasi yang diraih. Spike dan tim berhasil mengalahkan tiga kandidat lain: “A Star Is Born”, “The Ballad of Buster Scruggs”, dan “Can You Ever Forgive Me?”. Selain itu, film yang dirilis pada 2018 itu masuk ke dalam enam nominasi lain termasuk di antaranya Sutradara Terbaik, Film Terbaik, Pemeran Pendukung, Musik, dan Proses Editing Film Terbaik.

Sejatinya, ini bukan kali pertama Spike Lee menginjakkan kaki di atas panggung penghargaan film terbesar Negeri Paman Sam itu. Pada 2015, Ia mendapatkan penghargaan honorarium Oscar atas dedikasinya di bidang film. Torehan itu tentu berbeda dengan apa yang baru saja didapatkan mengingat ia datang benar-benar sebagai peserta yang bersaing dengan deretan film Hollywood lain. Nominasi Oscar pertamanya ia dapat pada 1990 lewat film bertema basket “Do the Right Thing”.

Nike pun sudah sejak lama mensponsori Spike Lee. Ia dianggap berjasa mengantarkan Air Jordan 4 sebagai sepatu kasual di film yang membawanya masuk nominasi Oscar kali pertama. Oleh karenanya, Nike membuat sebuah Air Jordan 3 “Tinker” spesial untuknya yang digunakan saat menghadiri gelaran Oscar. Sepatu itu berwarna emas, terinspirasi dari warna piala yang diraih.

Air Jordan 3 Tinker Spike Lee Exclusive "Gold Oscar"

Foto: Noel West - The New York Times, akun instagram @officialspikelee

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder