James Harden sedang dalam kondisi terbaik. Gelar MVP membuktikan betapa besar perkembangan permainannya di lapangan. Tugas berat pun berada di pundaknya untuk mempertahankan gelar tersebut. Adidas selaku sponsor pun mengemban tugas berat untuk menyediakan sepatu yang mendukung performanya di lapangan. Itulah visi dibalik pembuatan adidas Harden vol. 3.

Pola permainan Harden sudah dipelajari oleh tim desainer dan pengembangan produk adidas. Tim itu dipimpin oleh Rashad Williams yang juga menjabat sebagai desainer senior. “Kami sudah menemukan tiga gerakan utama Harden: stepback, Euro Step, dan crossover,” pungkas Rashad mengutip dari Sole Collector.

Rashad pun dibuat heran dengan rataan performa Harden sepanjang musim 2017-2018. “Dia bukan pemain terkuat, tercepat, atau terbesar di NBA. Namun, kemampuannya untuk berhenti dengan cepat membuatnya lebih mudah mengelabuhi lawan yang menjaganya,” lanjutnya. Lewat kemampuan spesialnya ini, Harden jadi salah satu pemain yang paling sulit dihentikan terutama saat sedang membawa bola.

Kemampuan khusus Harden itu jadi dasar pengembangan sepatu edisi ketiga Si Brewok. Bagian atas tidak mengalami banyak perubahan dengan edisi kedua. Bantalan Boost dengan karakter lebih padat dipilih sebagai pendukung utama untuk bermanuver. Perbedaan paling kentara tampak pada tali tambahan Velcro elasts yang ditempatkan di punggung sepatu. Komponen ini jadi permintaan khusus Harden pada sepatu barunya.

Permintaan Harden itu diiyakan pihak adidas karena dianggap mendukung konsep yang mereka usung. “Ketika sedang di lapangan, sepatu ini jadi perlambangan gerakan berhenti dengan cepat. Cara bermain saya memang tidak biasa, namun apakah ada yang bisa bermain seperti saya?” ujar Harden terkait konsep sepatu barunya dari situs resmi adidas.

Warna pengenalan adidas Harden Vol. 3 diambil dari kemampuan unik Harden dalam menciptakan ruang (space) dengan pemain bertahan. Itulah mengapa, adidas menggunakan warna serta tema yang berhubungan dengan luar angkasa (space). Edisi pertama bernama “Voyager” dengan basis warna utama abu-abu serta “Cosmos” dengan warna hitam yang terinspirasi warna langit malam.

James Harden memang tengah jadi sorotan. Ia gagal mengantarkan Houston Rockets menjuarai NBA namun ia berhasil merengkuh gelar MVP. Harden berhasil mengalahkan kandidat lain seperti Stephen Curry, LeBron James, dan Kevin Durant. Gelar ini tentu jadi hal yang membanggakan baginya mengingat ia sudah berjuang cukup jauh bagi timnya meskipun akhirnya harus terhenti.

Harden kini berstatus pemain tajam dan berpengaruh di NBA. Momentum cederanya Chris Paul dimanfaatkan dengan baik untuk menunjukkan kapabilitasnya musim lalu. Sementara untuk musim depan, Rockets boleh percaya diri. Kehadiran Charmelo Anthony bisa jadi penambah peta kekuatan tim. Bila Jimmy Butler ikuti jejak Melo, maka tim kebanggaan kota Houston layak masuk kandidat juara untuk musim 2018-2019.

adidas Harden Vol. 3 "Voyager"

adidas Harden Vol. 3 "Cosmos"

Foto: adidas Hoops

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas