Film-film Bertema Basket Yang Inspiratif

| Penulis : 

Ada banyak cara untuk mempelajari sisi lain olahraga basket. Entah itu dengan film yang terinspirasi dari kisah nyata atau karya imajinasi sebuah rumah produksi. Terlepas dari itu, film-film bertema basket menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Alur filmnya mampu membawa Anda merasakan emosi sama seperti ketika menonton pertandingannya secara langsung.

Mainbasket telah merangkum film-film bertema basket yang sayang untuk dilewatkan:

Hoosier (1986)

Tak ada salahnya kita melihat kembali perkembangan basket klasik. Anda bisa mendapatkannya di film "Hoosier". Film ini membawa cerita kebanggan negara bagian Indiana akan olahraga basket. Film ini mengajak kita kembali ke film basket paling fundamental dengan menyajikan basket yang dilakukan siswa SMA di Indiana.

Film ini bercerita tentang sebuah tim basket SMA yang diremehkan oleh lawan-lawannya. Hingga suatu saat, pelatih Norman Dale datang dan mengubah segalanya. Ia melakukannya dengan menguatkan sisi fundamental teknik basket. Sejak perubahan yang dilakukan itu, tim ini melesat hingga mencapai babak final kejuaraan nasional. Kisah ala Cinderella itu jadi bukti bahwa kerja keras jadi penentu kesuksesan kita.

Space Jam (1996)

Apakah Anda penggemar Michael Jordan? Bila iya, maka film ini jadi film yang wajib Anda tonton. Sang legenda tampil sebagai aktor utama. Warner Bros juga mengajak beberapa pebasket ulung lainnya untuk menghiasi film ini. Sebut saja Larry Bird, Patrick Ewing, Muggsy Bogues, Charles Barkley, Larry Johnson dan Shawn Bradley.

Mereka tergabung dalam satu tim basket yang bertanding melawan karakter kartun Looney Tunes. Ya, atlet yang juga tim basket Olimpiade 1996 mewakili Amerika Serikat itu bermain basket melawan kartun. Hasilnya tentu diluar imanjinasi. Perpaduan bintang NBA dan kartun ini menyajikan sajian yang unik serta cocok ditonton segala usia.

Warner Bros meraih keuntungan hingga AS$250 juta dari penayangan "Space Jam" di seluruh dunia.

He Got Game (1998)

Sosok Spike Lee nyatanya punya peranan penting di kultur yang dibangun oleh warga afrika-amerika. Kontribusinya pun ia lakukan di bidang yang ia sukai, membuat film. Pada 1998, ia pernah memproduseri sekaligus menyutradarai sebuah film basket berjudul “He Got Game”. Dua bintang utama di film ini adalah aktor yang sedang naik daun kala itu, Denzel Washington, serta pebasket muda yang juga sedang disorot, Ray Allen.

Film drama keluarga ini menggambarkan cerita riil yang terjadi di kehidupan warga afrika-amerika. Tekanan, masalah sosial, hingga kondisi dilematis yang dialami anak digambarkan dengan apik olek Spike Lee. Situs penilaian film Rotten Tomatoes mengungkapkan bahwa 80 persen penonton menyukai film ini.

Walau memiliki alur cerita yang menarik serta diperankan aktor yang mumpuni, namun film ini tak lepas dari kritik. Time Out London mengkritik durasi film yang terlalu panjang, yaitu 134 menit. Durasi ini, katanya, terlalu panjang untuk sebuah film bergenre drama keluarga dengan tema olahraga. Bila Anda hendak menonton film ini, saya sarankan untuk menyediakan camilan dan minuman karena durasi yang memang tergolong lama.

Coach Carter (2005)

Berbicara mengenai film basket SMA, maka film ini tak boleh dilewatkan. Inilah kisah nyata yang dialami oleh Ken Carter ketika menangani tim Richmond Oillers di musim 1998-1999. Diperankan oleh Samuel L. Jackson, Carter adalah sosok pelatih yang punya dedikasi tinggi. Ia tak hanya berfokus pada kemampuan fundamental basket, namun juga sisi akademis, disiplin, kerja keras, moralitas, hingga profesionalitas dalam berlatih. Tak hanya itu, ia juga mewajibkan anak asuhnya punya nilai bagus di kelas.

Walau banyak meraih cobaan dan penolakan, Coach Carter mampu menunjukkan bahwa tim asuhannya akan menghasilkan prestasi gemilang lewat proses yang telah ia susun tersebut. Hasilnya pun mengagumkan dan pemain andalan mereka di tim meraih beasiswa ke universitas impiannya atas prestasi yang diraih.

Film ini sangat inspiratif. Tentunya, pesan moral yang didapat bisa mengubah pola pikir siapa pun yang menontonnya dengan hati.

Mata Dewa (2018)

Berbicara mengenai kisah nyata, film ini juga rupanya terinspirasi dari kisah yang benar-benar ada. Bila Anda jengah dengan film basket dari Hollywood, film ini bisa jadi solusi karena "Mata Dewa" adalah film basket pertama di Indonesia. Seperti film lainnya, film ini juga mengambil tema cerita basket anak SMA. Drama olahraga dibalut dengan cerita perjuangan untuk meraih juara jadi pesan yang akan didapat oleh penontonnya.

Film ini belum tayang ke publik pada Maret 2018, Anda akan menemukan kisah menarik setelah menonton film ini.

Sumber Foto: Rotten Tomatoes, Nike, Jawa Pos, IMDb

Populer

Timnas Putra Indonesia Target Juara di Taiwan
Imam Nahrawi Ditahan, Proses Naturalisasi untuk SEA Games 2019 Terhambat
Di Mana Posisi Basket Indonesia? (Catatan Kecil untuk Para Pemangku Kepentingan)
Kristaps Porzingis Incar Gelar Defensive Player of the Year
Christopher Pamit dari CLS, Timnas Putri Tetap Latihan di GOR Kertajaya
Merapat ke Rockets, Thabo Sefolosha Reuni dengan Harden dan Westbrook
Puma (Akhirnya) Merilis Sepatu Basket Luar Ruang Baru
Ada Tangan Anak Muda Indonesia di Balik Puma LQD Cell Omega
NBA 2K20 Global Championship, Kompetisi untuk Para Gamer di Seluruh Dunia
Ada Dua Jenis Converse Chuck Taylor All Star. Apa Bedanya?