Cina Juara FIBA Women's Asia Cup 2023

| Penulis : 

Cina mengakhiri dominasi Jepang dalam FIBA Women’s Asia Cup dalam satu dekade terakhir. Cina menjadi juara FIBA Women’s Asia Cup 2023. Mereka menang tipis 73-72 dari Jepang di pada Minggu (2/7) di State Sports Centre, Sydney.

Pada satu menit terakhir keduanya masih imbang. Cina menggagalkan momentum Jepang yang menyamakan kedudukan 66-66 melalui tripoin Saki Hayashi. Setelah itu Cina justru melaju 6-0. Pengejaran Jepang berakhir melalui buzzer beater Stephani Mawuli.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Harja Jaladri dari Indonesia tersebut, Han Xue menjadi tumpuan Cina. Ia meraih dobel-dobel dengan 26 poin dan 10 rebound. Pemain New York Liberty itu juga dinibatkan sebagai pemain terbaik.

Wang Siyu membantu dengan 17 poin dari 6/11 tembakan. Ia juga menambah dengan 6 rebound dan 4 asis. Li Meng juga menorehkan 17 poin. Dari 5 tembakan, Li Meng memasukkan 3 tripoin serta 5 rebound dan 6 asis.

Dari kubu Jepang memang memang unggul dalam tripoin. Akurasinya 39,3 persen (11/28). Maki Takada mencetak 17 poin dan 4 rebound. Kemudian Saki Hayashi dengan 12 poin dan 4 rebound. Secara keseluruhan Jepang mencetak 26/70 (FG 37,1 persen).

Dalam FIBA Women’s Asia Cup 2023 ini, Cina menyapu bersih enam laga. Mereka menjadi juara grup A setelah mengalahkan Selandia Baru, Korea Selatan, dan Lebanon. Pada babak semifinal, Cina menekuk Australia 74-60. Lalu Jepang menumbangkan Selandia Baru 88-52. Pada perebutan tempat ketiga, Australia lebih unggul dari Selandia Baru 81-59.

Selama 22 tahun terakhir, Cina dan Jepang enam kali bertemu di laga pamungkas FIBA Women’s Asia Cup. Dari enam pertemuan itu, keduanya imbang 3-3. Jepang yang kini menjadi penguasa basket putri Asia telah meraih gelar lima kali beruntun. Melebihi rekor Cina yang pernah menjadi empat kali beruntun pada 1990-1995.

Upaya Jepang untuk mempertajam rekor juara 6 kali beruntun itu digagalkan oleh Cina. Sejak diadakan pada 1965 silam, Cina dan Korea Selatan sama-sama 12 kali meraih gelar. Jepang menyusul di posisi ketiga dengan dengan enam gelar. (rag)

Foto: FIBA

Populer

Aaron Gordon Membuat Anthony Edwards Kesal
Bronny James: Saya Tidak Pernah Membayangkan Bermain dengan Ayah Saya
Donte DiVincenzo Membuat Persaingan Knicks dan Pacers Memanas
Kevin Durant Disebut Tidak Betah di Phoenix Suns
Nikola Jokic 40 poin 13 asis, Nuggets Berbalik Unggul dari Timberwolves
Timberwolves Tetap Percaya Diri Melangkah Ke Gim 7
Bronny James Lulus Tes Medis, Siap Tampil di NBA Draft Combine
NBC Ambil Alih Hak Siar NBA dari TNT, Acara "Inside The NBA" Terancam Bubar
Jalen Brunson 44 Poin!, Knicks Hajar Pacers 121-91 di Gim 5!
Menerima Trofi MVP Ketiga, Nikola Jokic Tuai Pujian dari Kawan dan Lawan