Jacklien Ibo berpulang. Legenda timnas putri Indonesia itu mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (17/3) pukul 08.20 WIT di kediamannya di Yo Rang, Kampung Hobong, Sentani. Selama dua tahun terakhir, Jacklien berjuang menghadapi sakit paru-paru akut.

Jacklien terakhir kali bermain saat membela klub Merpati Bali di Srikandi Cup pada musim 2017-2018. Dia mundur setelah diterima sebagai PNS. Pada 2019, Jacklien menikah dan kembali ke Papua.

Sekretaris Umum Perbasi Papua Frengky Apollos menceritakan Jacklien sakit sekitar awal 2019 lalu. Saat itu dirinya hendak mengajak Jacklien sebagai pelatih tim putri Papua di PON 2021. Jacklien sendiri juga masuk sebagai Binpres di Perbasi Papua.

“Saat pelantikan (pengurus Perbasi Papua), dia sempat hadir. Lalu saya mau panggil lagi untuk masuk sebagai tim pelatih tim putri PON. Dari situ kami tahu kondisi Jacklien sedang sakit parah dan tidak bisa aktif di tim PON. Suaminya juga meninggal terlebih dahulu,” kata Frengky saat dihubungi Mainbasket.

Setelah mengetahui kondisi Jacklie tersebut, banyak pebasket nasional yang menggalang donasi. Menteri BUMN Erick Thohir juga sempat menjenguk Jacklien saat pegaleran PON 2021 lalu. Seluruh pengobatan dan biaya hidup Jacklien juga ditanggung pemerintah. Frengki menambahkan setelah adanya bantuan tersebut, Jacklien kemudian dirawat di RS Provita, Jayapura. Sebelumnya Jacklien hanya menjalani rawat jalan saja.

Selama menjadi pemain, Jacklien merupakan sosok yang tangguh. Dia empat kali membela Indonesia dalam ajang SEA Games. Prestasi terbaiknya saat meraih perak di SEA Games 2015. Dia juga terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) pertama di Women’s National Basketball League (WNBL) 2012 saat masih membela Tomang Sakti Mighty Bees.

Selain itu, pemain kelahiran 25 November 1990 itu juga pernah meraih penghargaan seperti Sportsmanship Ward, Defensive Player of the Year WNBL, Top Block, Top Rebound, dan beberapa kali masuk dalam First Team. Semua diraih pada musim 2011-2012.

Sosok Jacklien diakui Frengki sebagai inspirasi bagi basket di Papua. “Dia salah satu pemain putri Papua yang sangat luar biasa. Dia menjadi contoh dan teladan bagi para pemain di Papua pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dia menjadi motivasi bagi para pemain muda di sini,” tutur Frengki.

Ucapan bela sungkawa datang dari berbagai insan basket Tanah Air. “Selamat jalan Jacklien Ibo. Terima kasih telah menorehkan sejarah indah di dunia bola basket Indonesia,” kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi. (rag)

 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder