Kontrak kerjasama antara Nike dan mendiang Kobe Bryant berakhir bulan ini. Tidak ada kesepakatan baru yang dibuat oleh keduanya. Menurut The Athletic, sekarang ahli waris Kobe Bryant bisa bekerja sama dengan merek lain.

Kobe Bryant pertama kali bergabung dengan Nike pada Juni 2003. Itu setelah kontrak enam tahun dengan adidas yang ia tandatangani pada usia 17 tahun berakhir. Nike telah merilis lebih dari selusin sepatu khas (signature shoes) Kobe Bryant, termasuk satu pada Agustus lalu, tujuh bulan setelah Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter.

Saat itu Nike menunda penjualan semua produk Kobe hingga bulan Agustus 2020 yang dikenal sebagai perayaan "Mamba Week". Sebagian hasil penjualan tersebut disumbangkan kepada ahli waris Kobe Bryant dan yayasannya. Setelah itu, Nike melanjutkan rencananya untuk merilis Kobe Retro, lengkap dengan sejumlah warna Kobe 5 Protro dan Kobe 6 Protro yang akan hadir pada awal April 2021 di pasar Asia. Tetapi hari ini, berita mengejutkan datang dari kerjasama keduanya.

Nick DePaula, penulis sneaker untuk ESPN dalam akun twitter-nya mengunggah pernyataan dari Nike. Menurut DePaula, pernyataan tersebut dibuat Nike setelah Vanessa Bryant, istri mendiang Kobe Bryant, tidak memperpanjang kontrak kerjasama dengan Nike.

"Kobe Bryant adalah bagian penting dari hubungan mendalam Nike dengan konsumen. Dia mendorong kami dan membuat semua orang di sekitarnya menjadi lebih baik. Meskipun hubungan kontrak kami telah berakhir, dia tetap menjadi anggota keluarga Nike yang sangat dicintai."

Sementara itu, Jovan Buha dari The Athletic menuliskan bahwa lini sneaker khas Kobe Bryant menduduki peringkat kedua di belakang Michael Jordan. Bahkan, setelah kematian Kobe Bryant, Nike menunda peluncuran Nike Kobe 5 Protro "Lakers" yang awalnya diluncurkan bulan Maret, tapi baru dilepas ke pasaran 24 Agustus 2020, menyebabkan harga sepatu tersebut melonjak. Bisa jadi hengkangnya Bryant dari Nike membawa efek serupa. Harga sneaker khas Kobe Bryant jadi naik di pasaran.

Mendiang Kobe Bryant dikenal senang berinovasi dengan Nike. Dia sangat detail dalam merancang desain dan fungsi dari setiap bagian sneaker khasnya. Kobe juga berhasil mengubah industri sepatu basket dengan mengeluarkan model low-top. Sepatu Nike Kobe tampaknya tetap acuan industri sepatu basket. Meski kini mereka sudah berpisah. (tor)

Foto: Nike

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas