Para pelatih NBA merasa ada yang janggal dari peraturan liga. Saat semua pemain boleh membawa keluarganya masuk "gelembung" di Disney World, justru mereka tetap sendiri. Padahal jumlah orang di "gelembung" sudah berkurang.

Pelatih Denver Nuggets Michael Malone menghabiskan kurang lebih 60 hari di Walt Disney World Resorts. Ia mengaku merindukan keluarganya. Namun dirinya juga ingin bertanya kepada liga tentang aturan "gelembung" NBA. Mengapa hanya pemain saja yang boleh membawa keluarganya.

"Saya merindukan keluarga saya, dan saya bukan tentang saya saja. Saya berbicara atas nama semua pelatih di sini. Kami sudah 60 hari dan tidak memiliki akses dan tidak diberikan hak istimewa untuk membuat keluarga saya datang ke sini," kata Malone.

Malone berbicara berapi-api karena protes terhadap perlakuan yang tidak sama dengan orang-orang di "gelembung" NBA. Para pemain boleh membawa empat anggota keluarganya. Minggu ini, mereka mulai berdatangan dan para pemain merasa bahagia bisa berkumpul dengan keluarganya kembali. Lalu wasit NBA juga memiliki opsi untuk membawa satu tamu ke dalam "gelembung", meski belum ada wasit yang mendatangkan keluarganya sama sekali. Sebaliknya, para pelatih tidak punya opsi tersebut. Akhirnya mereka melakukan protes.

Pelatih Miami Heat Erik Spoelstra juga mengkritik kebijakan liga tersebut. Ia mengatakan bahwa para pelatih tim yang dipimpin oleh Rick Carlisle dari Dallas Mavericks memang pernah melobi untuk mengubah kebijakan tersebut.

"Saya memahami bahwa ini bukanlah keputusan yang mudah," kata Spoelstra. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Karena, semakin banyak orang yang ditambahkan, maka meningkatkan risiko terjadinya sesuatu."

Spoelstra belum melihat istri dan dua putranya yang masih kecil sejak Heat berangkat ke Lake Buena Vista dua bulan lalu.

"Kami tidak pernah berada di militer. Kami tidak memiliki latar belakang dalam hal ini," kata Spoelstra. "Saya sangat merindukan keluarga saya. Ini adalah waktu yang luar biasa dan ini adalah kesempatan luar biasa di sini."

Tetapi pada Jumat malam, 4 September waktu setempat, NBA mengonfirmasi bahwa kebijakan tersebut dapat berubah akhir bulan ini.

"Kami berharap untuk menambah anggota keluarga saat Final Konferensi nanti," kata juru bicara liga. "Kami sadar akan kesulitan luar biasa yang diberlakukan oleh pembatasan ini."

Liga bekerja dengan pejabat Disney serta otoritas kesehatan untuk menentukan berapa banyak orang yang dapat diizinkan masuk dengan aman di dalam "gelembung".

Lanjutan NBA dimulai dengan 22 tim, dan kini hanya delapan yang tersisa. Penurunan populasi memungkinkan ruang bagi anggota keluarga dan staf tim tambahan untuk memasuki "gelembung". (tor)

Foto: NBA

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Era Keemasan Thunder Kembali, Mark Daigneault Jadi Pelatih Terbaik Tahun Ini
Timberwolves Sapu Bersih Suns
Lakers Memperpanjang Nafas