Pamor NBA sebagai salah satu liga olahraga terbaik di dunia tak perlu diragukan lagi. Mulai dari aspek permainan baik teknis dan nonteknis, hiburan, hingga penyelenggaraan, NBA sudah bisa dibilang sebagai tolok ukur penyelenggaraan sebuah liga. Di luar itu, dari sisi ekonomi dan bisnis, perputaran uang yang terjadi di NBA juga sangat masif.

Selain terbukti dengan data-data pendapatan mulai dari tiket hingga hak siar, bukti masifnya aktivitas ekonomi dan bisnis NBA juga terlihat dari penghasilan para pemain mereka. Dalam daftar 100 atlet berpendapatan tertinggi di 2020 terbaru yang dirilis oleh Forbes, 35 di antaranya datang dari NBA. Catatan 35 persen tersebut jadi yang tertinggi di antara olahraga dan liga lain. Sepak bola jadi cabang olahraga oenyumbang terbanyak kedua dengan total 31 nama.

Tiga megabintang utama NBA berada di jajaran 10 besar. Pemain Los Angeles Lakers, LeBron James, berada di lima besar. LeBron memiliki pendapatan AS$88,2 juta di tahun ini dengan rincian AS$60 juta dari iklan dan sponsor sementara AS$28,2 juta dari kontraknya bersama Lakers. Di keseluruhan daftar, LeBron kalah dari Neymar, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Roger Federer (peringkat pertama dengan total pendapatan AS$106,3 juta).

Dua nama NBA selanjutnya di daftar 10 besar adalah Stephen Curry dan Kevin Durant. Berturut, keduanya menempati peringkat enam dan tujuh. Steph mengumpulkan AS$74,4 juta sedangkan KD meraup AS$63,9 juta. Keduanya sama-sama memperoleh pendapatan terbanyak mereka dari sponsor.

Duet Rockets, Russell Westbrook dan James Harden menyusul kemudian. Russ memiliki pendapatan AS$56 juta berada di peringkat 12 sedangkan Harden lima peringkat di bawahnya dengan AS$47,8 juta. Menariknya, dua mantan pemain Oklahoma City Thunder ini memiliki pendapatan terbanyak mereka dari kontrak bermain.

MVP NBA musim lalu, Giannis Antetokounmpo langsung melejit di daftar ini. Perilisan lini sepatu miliknya tahun lalu jadi pendongkrak utama Giannis berada di daftar ini. Sebanyak AS$28 juta dari total AS$47,6 juta pendapatan Giannis datang dari sponsor (selain Nike, ada pula 2K Sports dan Hulu).

Salah satu kejutan dari NBA di daftar ini adalah munculnya nama ruki New Orleans Pelicans, Zion Williamson. Zion menempati peringkat 57 daftar ini dengan total pendapatan AS$27,3 juta. Posisi Zion di daftar ini lebih tinggi dari nama-nama veteran NBA seperti Kevin Love, Tobias Harris, DeMar DeRozan, dan Paul Millsap.

Zion mendapatkan AS$20 juta dari keseluruhan pendapatannya dari sponsor. Di musim pertamanya sebagai pemain profesional, Zion sudah mendapat kepercayaan adari Air Jordan (Nike), Gatorade, 2K Sports, Fanatics, Mountain Dew, dan Panini. Ia menjadi salah satu nama termuda (jika bukan yang termuda) di daftar ini dengan usia masih 19 tahun. (DRMK)

Foto: NBA

 

Populer

Lakers Sulit Menang Jika Hanya Mengandalkan LeBron dan AD
Stephen Curry Terpilih Sebagai Clutch Player of the Year 2024
Paolo Banchero Spesial, Magic Beri Cavaliers Kekalahan Playoff Terburuk
Tak Sekadar Melawan Knciks, Embiid Juga Melawan Bell's Palsy
Empat Starter 20+ Poin, Nuggets Ungguli Lakers 3-0
Pelita Jaya Menutup Kualifikasi BCL Asia dengan Sempurna
Karma untuk Gordon Hayward
Prawira Takluk Melalui OT, Matrix Deers Menuju Babak Utama BCL Asia
Cerita Cinta Dennis Rodman, Dari Madonna Hingga Carmen Electra
IBL Draft Dihapus, Satria Muda Memantau Pemain di DBL Camp 2024