FIBA sudah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan Pertandingan Basket setelah wabah virus korona. Pedoman tersebut disusun bersama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ada beberapa poin penting termasuk mengatur soal tempat pertandingan, serta mekanisme latihan tim.

Pedoman FIBA berjudul "Return to Basketball - Restart Guidelines for National Federations" tersebut diterbitkan dalam tiga bahasa yaitu Inggris, Perancis, dan Spanyol. Pedoman tersebut mengatur federasi nasional yang akan memulai kembali kegiatan atau kompetisi basket. Setelah sebelumnya semua kompetisi dihentikan pada pertengahan bulan Maret 2020 karena wabah virus korona.

Pedoman tersebut berisi apa saja yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pertandingan. Termasuk juga semua risiko yang bakal ditemui, hingga bagaimana cara memulai kompetisi dengan selamat dan sukses. FIBA menegaskan bahwa pedoman tersebut tidak dimaksudkan untuk menggantikan peraturan kesehatan di negara yang bersangkutan. Sebab, untuk memulai kompetisi, tentu harus melalui persetujuan pemerintah setempat.

Pedoman FIBA kali ini dikembangkan oleh Dr. Peter Harcourt dari Australia sebagai Ketua Komisi Medis FIBA. Ia berkonsultasi dengan Kelompok Penasihat Medis (MAG) FIBA COVID-19, juga komisi Medis dan Pemain FIBA.

"Saya mengucapkan terima kasih pada Komisi Medis FIBA yang WHO atas kerjasama yang baik ini. Rangkaian pedoman ini akan sangat bermanfaat bagi federasi yang ingin memulai kompetisi. Kita semua tentu merindukan bola basket, tapi terkait dengan wabah COVID-19, maka FIBA tetap berkomitmen memberikan jaminan lingkungan yang aman dengan panduan ini," kata Andreas Zagklis, Sekretaris Jenderal FIBA, dikutip dari rilis resmi FIBA.

Salah satu poin pentingnya yaitu tentang mekanisme persiapan pemain dan tim sebelum kompetisi dimulai. FIBA menyarankan bahwa persiapan tim dilakukan setidaknya 3-6 minggu sebelum kompetisi dimulai. Latihan disarankan dengan individu lebih dulu, baru kelompok kecil, setelah itu baru tim keseluruhan. Kemudian, mandi dan ganti pakaian setelah latihan sebaiknya dilakukan di rumah. Bukan di tempat latihan atau arena pertandingan.

Dokumen Pedoman "Return to Basketball - Restart Guidelines for National Federations" bisa diunduh di sini. (tor)

Foto: FIBA

Populer

Pemilihan GOAT Versi Pemain NBA, LeBron James dan Michael Jordan Hampir Imbang
Hantam Prawira, Pelita Jaya Lolos ke Babak Utama BCL Asia!
Lakukan Penyesuaian di Bigman, Mavs Curi Kemenangan dari Clippers
Tidak Pernah Menjadi DPOY, Anthony Davis: Liga Ini Tidak Menyukai Saya
Zach Edey Akan Mengikuti NBA Draft 2024
Tyrese Maxey Raih Most Improved Player (MIP) 2024
Jika Yugoslavia Masih Ada, Timnas AS Dalam Bahaya
Pertahanan Gerendel Prawira Matikan Hong Kong Eastern
Buzzer Beater Jamal Murray Jadi Pukulan Telak untuk Lakers
LeBron James Kesal Dengan Keputusan Wasit Terhadap Pelanggaran D-Lo Russell