Devin Booker menjadi duta global Olimpiade Spesial. Garda Phoenix Suns itu terpilih pada Kamis, 9 April 2020 waktu Amerika Serikat. Ia sekaligus menyusul rekan setimnya, Ricky Rubio, yang lebih dulu terpilih dengan status yang sama.

Booker menjadi duta global Olimpiade Spesial karena terinspirasi dari adiknya, Mya. Kebetulan sang adik mengalami disabilitas intelektual. Hal itu menggerakannya untuk mengambil peran penting ini.

“Dia memotivasi saya setiap hari,” kata Booker tentang Mya seperti dikutip dari siaran pers Olimpiade Spesial, “dan saya senang menjadi bagian Olimpiade Spesial, sebuah organisasi global dengan misi membantu meningkatkan perhatian akan kemampuan orang-orang dengan disabilitas intelektual.”

Mya memiliki sebuah sindrom yang menyebabkan beberapa sistem tubuh berkembang kurang baik. Itu menyebabkan masalah pada kemampuan intelektualnya. Mya tumbuh berbeda.

Booker sendiri memang aktif dalam berbagai kegiatan menyangkut disabilitas intelektual. Ia bahkan sudah terlibat bersama Olimpiade Spesial Arizona sejak 2015. Booker memilih mereka sebagai 1 dari 5 organisasi yang dibantu oleh Devin Booker Starting 5. Sang pemain mengirimkan setidaknya AS$500 ribu kepada mereka setiap tahun.

Sejauh ini, selain Booker dan Rubio, NBA memiliki dua pemain lain yang berstatus duta global Olimpiade Spesial. Mereka adalah Damian Lillard dari Portland Trail Blazers dan Andre Drummond dari Cleveland Cavaliers. Sebelumnya, pemain-pemain legendaris seperti Dikembe Mutombo, Sam Perkins, dan Yao Ming juga melakukan hal yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Populer

Sejarah "Bola" Basket dan Perkembangannya
NBA 2019-2020 Dilanjutkan, 22 Tim Bertanding di Orlando
Hawks Tak Masuk Hitungan, Karier Vince Carter Resmi Berakhir
Pesan Tersembunyi Childish Gambino di Video Lagu “This Is America”
Tanggal-tanggal Penting NBA 2019-2020 dan 2020-2021
Rekan Satu Tim Terbaik Kobe Bryant (Berdasarkan Statistik Kemenangan)
Fakta-fakta Mengenai Kembalinya NBA Musim 2019-2020
Riwayat dan Transformasi Logo adidas
Kematian George Floyd, Stephen Jackson, Hingga Kerusuhan di Amerika Serikat
Mempelajari Technical Foul dan Unsportsmanlike Foul