Keberuntungan bisa menjadi faktor penentu dalam sebuah pertandingan 3x3. Seperti yang terjadi di FIBA 3x3 World Tour Mexico City Masters, 8-9 September 2018. Ljubljana asal Slovenia membuktikan bahwa keberuntungan bisa membawa mereka menjadi juara. Ini adalah gelar pertama Ljubljana di Seri Masters musim ini.

Ljubljana merupakan juara dua kali FIBA 3x3 World Tour Final. Tetapi gelar tersebut bukan jaminan bagi mereka untuk bisa mendapatkan tiket ke final musim ini dengan mudah. Buktinya, Ljubljana baru bisa menang di gelaran keenam musim ini. Empat seri sebelumnya dimenangkan oleh Novi Sad Al Wahda (Serbia) dan satu seri direbut oleh Liman Tesla Voda (Serbia).

Di babak penyisihan, Ljubljana kurang beruntung. Meski berstatus unggulan ketiga, mereka kalah dari Ponce (Puerto Rico) dengan skor 18-20. Tetapi mereka akhirnya bisa melaju ke delapan besar setelah menang 17-10 atas Delhi (India).

Lawan Ljubljana di fase delapan besar sangat berat yaitu NY Harlem (Amerika Serikat). Tim ini berisi bintang Pacific Caesar Surabaya, David Vincent Seagers. Di babak penyisihan, NY Harlem melumat Piran (Slovenia) dengan skor 21-14 dan Dahia Clanca (Argentina) dengan keunggulan mutlak 21-10.

Pertarungan Ljubljana dan NY Harlem berlangsung menegangkan. Di sisa 3 menit 18 detik, NY Harlem memimpin 20-19. Ljubljana beruntung karena mendapatkan bola mati. Blaz "Birdman" Cresnar yang membawa bola pertama kali melihat pergerakan Jasmin Hercegovac di sisi kanan. Dengan cekatan, penembak jitu Ljubljana itu mencetak tembakan dua angka sekaligus menjadikan mereka memenangkan pertandingan. Ljubljana menang dengan skor tipis 21-20.

Di babak semifinal, mereka beruntung karena bertemu dengan tim unggulan kedelapan, Rio de Janeiro (Brazil). Kali ini Ljubljana tidak menemui kesulitan dan menang mutlak dengan skor akhir 22-9. Kemudian di babak final Jasmin Hercegovac kembali menunjukkan ketajamannya. Ia mencetak 15 poin saat Ljubljana menang atas Ponce (Puerto Rico) dengan skor 22-17. Laga final juga merupakan sebuah keberuntungan bagi Ljubljana. Sebab mereka bertemu tim Ponce yang pernah mengalahkannya di babak penyisihan. Berkat aksi heroik Hercegovac, Ljubljana menjadi juara dan mengamankan tiket ke FIBA 3x3 World Tour Final di Beijing, 27-28 Oktober mendatang.

Kapten tim Ljubljana, Jasmin Hercegovac dinobatkan sebagai pemain terbaik (MVP) pada turnamen kali ini. Selain membawa timnya menang dengan ketajaman akurasi tembakan, dia juga menjadi top skor lewat koleksi 42 poin dalam lima pertandingan.

FIBA 3x3 World Tour seri ketujuh akan berlangsung di India. Hyderabad Masters 2018 digelar 22 hingga 23 September mendatang. Kemudian seri terakhir atau kedelapan akan dilaksanakan di Chengdu, Cina, pada 29-30 September.(*)

Foto dan Video: fiba.com

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Nuggets Singkirkan Lakers
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera