Domantas Sabonis membukukan tripel-dobel dan memimpin Sacramento Kings menang 139-114 atas Rockets, di Houston, pada hari Sabtu, 14 Januari 2023, waktu Indonesia. Sabonis mencetak rekor sebagai pemain center dengan tripel-dobel dengan kombinasi 15/15/15 dalam satu pertandingan. Menyamai rekor milik Nikola Jokic dan Wilt Chamberlain. 

Sabonis mencetak 19 poin dengan akurasi tembakan 6 dari 14 percobaan tembakan secara keseluruhan, serta 7 dari 11 percobaan tembakan gratis. Bermain selama 27 menit, dia juga menambahkan 15 rebound dan 16 asis. Tidak hanya itu, Sabonis juga mencatatkan 2 blok dan 2 steal dalam pertandingan tersebut. Menurut data StatMuse, catatan Sabonis kali ini menjadi yang terbaik setelah Larry Bird. Sementara itu Harrison Barnes mencetak 27 poin dan memimpin perolehan poin dan efisiensi untuk keseluruhan tim Kings. 

Sabonis juga tercatat sebagai pencetak rata-rata poin terbanyak keempat di NBA musim 2022-2023. Sabonis saat ini mencetak rata-rata 18,9 poin per pertandingan dengan 12,5 rebound per laga. Kehadirannya membuat Kings semakin yakin untuk bisa lolos ke playoff Wilayah Barat. Kings sudah menang tiga laga beruntun, serta berada di urutan keempat klasemen sementara dengan rekor 23-18. Sabonis sudah mencetak tripel-dobel empat kali untuk musim ini.

Pertandingan tidak berjalan dengan mulus. Sebab sempat terjadi insiden perkelahian antara Malik Monk dan Chimezie Metu dari Kings, dengan Garrison Mathews dan Tari Eason dari Rockets. Keempat pemain tersebut dikeluarkan dari permainan. Awal insiden tersebut terjadi setelah Matthews menabrak Monk, yang memicu kemarahan para pemain Kings. Beruntung insiden ini bisa diredam, dan pertandingan dilanjutkan lagi. 

Setelah kekalahan ini, Rockets semakin terbenam di dasar klasemen Wilayah Barat. Mereka sudah kalah sembilan pertandingan berturut-turut. Rockets hanya menang 10 kali dari 42 pertandingan di musim 2022-2023. (*)

Foto: Houston Chronicle

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Nuggets Singkirkan Lakers
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Ada Wemby, Spurs Akan Kembali ke Paris Setelah 19 Tahun
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Para Pelatih DBL Academy Matangkan Materi
NSH dan Aspac Bertukar Pemain
Roster Lengkap IBL 2018-2019
Bocoran adidas James Harden Vol. 2