Bintang Muda Filipina, Kai Sotto, Ikut NBA Draft 2022

| Penulis : 

Bintang muda Filipina yang bermain di NBL Australia, Kai Sotto, membuat keputusan penting. Melalui akun media sosial pribadinya, Kai mengumumkan pergi dari Adelaide 36ers dan akan mencoba peruntungannya di NBA Draft 2022. 

"Terima kasih Adelaide! Terima kasih Australia! Ini adalah sebuah tahun yang tak akan saya lupakan!," buka Kai dalam unggahannya. "Saya memastikan diri ikut NBA Draft 2022. Saya harap kalian terus mendoakan dan mendukung saya dalam perjalanan untuk mewujudkan mimpi saya ini," pungkasnya.

Pemain 19 tahun ini menghabiskan satu musim di Sixers (julukan Adelaide 36ers). Ia membawa Sixers menutup musim dengan rekor (10-18). Catatan poin tertinggi Kai dalam semusim ini adalah 21 poin pada 11 April lalu melawan Brisbane Bullets.

Secara rata-rata keseluruhan, Kai bermain sekitar 15 menit per gim dan menyumbangkan 7,5 poin, 4,5 rebound, plus 0,8 blok per gim. Kai memiliki akurasi tembakan keseluruhan di angka 50 persen.

Untuk sekarang, Kai tidak masuk dalam berbagai daftar proyeksi NBA Draft 2022. Namun, beberapa pihak meyakini ia mungkin akan terpilih di pertengahan atau akhir ronde kedua draft.

Kai mungkin saja memiliki peluang lebih bagus di NBA Draft pada musim lalu. Seperti diketahui, sebelum memutuskan bermain di NBL, Kai sempat ikut program NBA G League Ignite. Ia adalah salah satu talenta yang masuk program jilid pertama.

Namun, sebelum benar-benar berlaga di G League, Kai tak lagi ada di tim. Awal mula situasi ini terjadi saat Kai memutuskan kembali ke Filipina untuk membela tim nasional dalam Kualifikasi Piala Dunia FIBA yang ujungnya batal digelar.

Setelahnya, ia tak lagi kembali ke Amerika Serikat dan menghapus semua unggahan tengang Ignite di media sosialnya. Presiden G League, Shareef Abdur-Rahim mengungkapkan bahwa aturan berpergian di kala pandemi virus korona jadi alasan utama Kai tidak kembali ke Ignite.

Jika terpilih di NBA Draft, maka Kai akan jadi pemain kelahiran Filipina pertama yang melakukannya. Di lain sisi, ia akan bergabung dengan mantan rekan setimnya di Ignite, Jalen Green, dan Jordan Clarkson, sebagai dua pemain berdarah Filipina di NBA. Nama terakhir bahkan sudah membela Filipina di Asian Games 2018. (DRMK)

Foto: NBL Australia

 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Nuggets Singkirkan Lakers
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Kondisi Zion Williamson Membaik, Tapi Pelicans Sudah Tertinggal 0-3 dari Thunder
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelatih Timberwolves Chris Finch Cedera Lutut Usai Ditabrak Mike Conley
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera