Belum Vaksin, Thybulle Tidak Bisa Main di Kanada

| Penulis : 

Philadelphia 76ers tidak akan diperkuat oleh Matisse Thybulle dalam pertandingan melawan Toronto Raptors pada Kamis (7/4) waktu setempat. Dia masuk dalam daftar “tidak memenuhi syarat bermain” dalam laporan cedera resmi dari NBA. Tidak dijelaskan lebih lanjut kenapa Thybulle tidak memenuhi syarat itu. Dilansir dari laman ESPN, hal itu diyakini bahwa Thybulle belum melakukan vaksinasi Covid-19.

Kanada memberlakukan syarat vaksin bagi setiap orang yang akan masuk negara tersebut. Thybulle memang tidak pernah secara terbuka mengomentari status vaksinasinya. Dan Sixers baru-baru ini menolak berkomentar soal daftar tersebut tentang vaksinasi atau bukan.

Absennya Thybulle akan sangat terasa bagi roster Sixers. Mereka tidak banyak memiliki pemain bertahan, kecuali kandidat MVP Joel Embiid. Thybulle merupakan salah satu wing defenders terbaik. Dia memiliki rata-rata 1,1 steal, 1,8 blok dalam 25,4 menit bermain.

Hanya tujuh pemain di liga yang rata-rata melakukan setidaknya satu steal dan blok per gim. Semuanya bermain dengan menit lebih banyak daripada Thybulle. Pada 2021 lalu, Thybulle masuk dalam NBA All-Defensive Second Team.

Pertandingan itu menjadi momen yang penting. Saat ini Sixers menempati posisi keempat wilayah Timur. Raptors tepat di bawahnya. Mereka menyisakan menyisakan tiga pertandingan lagi. Setelah melawan Raptors pada Kamis (7/4), Sixers akan menghadapi Indiana Pacers (9/4) dan Detroit Pistons (10/4).

Seandainya musim reguler berakhir saat ini atau peringkat mereka tidak berubah usai tiga pertandingan itu, Sixers bisa menghadapi Raptors di babak pertama play-off. Jika Thybulle tidak divaksin, dia tidak akan bisa tampil di gim 3, 4, dan 6 di Kanada.

Pada Rabu (6/4) Komisaris NBA Adam Silver menegaskan bahwa tidak akan ada perubahan situasi yang melibatkan pemain yang tidak divaksin di Toronto. “Kami tidak punya pilihan selain beroperasi di bawah hukum yurudiksi tempat kami bermain. Seperti yang kita lihat di New York. Untuk pemain yang memilih tidak divaksin, mereka tahu bahwa ada risiko untuk tidak diizinkan bermain di Toronto,” kata Silver.

Kasus serupa terjadi pada Kyrie Irving. Bintang Brooklyn Nets itu tidak bisa bermain di New York, baik di Barclays Center atau Madison Square Garden, sebelum kota tersebut mengubah peraturan soal vaksin baru-baru ini. (rag)

Foto: Getty Images

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff