Para pemain tim putra DKI Jakarta melompat dan saling berpelukan ketika buzzer berbunyi. Itu menandakan bahwa pertandingan telah usai dan mereka berhasil mendapatkan medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. DKI Jakarta mengalahkan Sulawesi Utara dengan skor 72-57, pada babak final, di Mimika Sports Complex, Sabtu malam, waktu setempat.

DKI Jakarta terakhir mendapatkan medali emas di PON 2008. Sementara di dua edisi sebelumnya, DKI Jakarta tidak pernah masuk final. Tahun ini mereka berhasil mewujudkan target meraih medali emas.

DKI Jakarta unggul tiga kuarter. Keunggulan terbesar DKI Jakarta sebanyak 18 poin. Mereka mencetak 40 poin di paint area dan mengumpulkan 60 rebound. Kelebihan lain dari DKI Jakarta di pertandingan ini adalah bangku cadangan. Kontribusi lini kedua sebesar 41 poin. Patrick Nikolas menyumbang 14 poin dan 13 rebound. Erlan Perkasa menambahkan 10 poin. Sementara dari tim inti, Yesaya Alessandro Michael Joseph Saudale mencetak 14 poin.

"Persiapan selama tiga setengah tahun akhirnya terbayarkan. Kami berhasil membawa pulang medali emas PON," kata Tondi Raja Syailendra, pelatih DKI Jakarta.

Pada PON Papua, DKI Jakarta sempat kalah sekali di babak penyisihan. Tim Jawa Tengah yang bisa mencoreng rekor pertandingan DKI Jakarta. Sayangnya, Jawa Tengah justru pulang dengan tangan hampa setelah kalah dari Jawa Timur, di perebutan medali perunggu.

Sebaliknya, tampil di final PON Papua, menjadi momen paling bersejarah bagi tim basket Sulawesi Utara. Mereka menjadi primadona baru di ajang ini. Sulut melaju ke final dengan menumbangkan lawan-lawan berat seperti Bangka Belitung, Jawa Timur, dan terakhir menyingkirkan Jawa Tengah. Namun di babak final, mereka harus mengakui keperkasaan DKI Jakarta.

"Perjuangan anak-anak luar biasa. Kemenangan yang kami dapatkan selama penyelenggaraan PON kali ini tidak mudah," kata Roland Lengkong, pelatih Sulut.

Di partai final, Fernando Manansang mencetak 15 poin, disusul Andrew William Lensun (12 poin), dan Greans Chandra Bartes Tangkulung (11 poin). Sulut gagal mengimbangi permainan DKI Jakarta, terutama di kuarter kedua. Karena sudah tertinggal jauh, mereka tidak mampu mengejar di kuarter ketiga dan keempat.

Medali emas PON XX Papua 2021 untuk basket putra dimenangkan oleh DKI Jakarta. Sulawesi Utara yang kalah di laga puncak, membawa pulang medali perak. Sementara medali perunggu berhasil direbut oleh Jawa Timur. (tor)

Foto: PB PON XX Papua 

Populer

Luka Doncic Merasa Tidak Enak dengan Kyrie Irving
Nuggets Singkirkan Lakers
Timberwolves vs Suns 4-0, KD dan Ant-Man Saling Lempar Pujian
Kevin Durant Tidak Senang dengan Sistem Frank Vogel
Pertama Dalam 2 Dekade, Tidak Ada LeBron, KD, atau Curry di Ronde Kedua Playoff
Frank Vogel Berlindung Di Balik Nama Mat Ishbia
Thunder Istimewa! Sapu Pelicans 4-0 di Playoff Putaran Pertama
Pelajaran yang Dipetik Nikola Jokic dari Pacuan Kuda
Celtics Unggul 3-1, Tapi Kristaps Porzingis Cedera
LeBron James Tidak Ingin Menyerah Begitu Saja dari Nuggets